Find Us On Social Media :

Cegah Ancaman Hipertensi di Usia Muda Dengan Gerakan Pola Hidup Sehat, PATUH

Ancaman hipertensi di usia muda semakin meningkat, salah satunya dari gaya hidup merokok. Mulailah terapkan gerakan PATUH berikut ini.

GridHEALTH.id – Hipertensi atau tekanan darah tinggi sudah bukan lagi penyakit usia tua, saat ini siapa saja dapat mengalaminya. Ancaman hipertensi di usia muda pun semakin meningkat diikuti dengan gaya hidup masyarakat modern yang dapat dikatakan jauh dari kata sehat.

Untuk menghindarinya, mengatur dan menerapkan pola hidup sehat adalah kunci agar tidak terkena hipertensi di usia muda. Berikut ini beberapa hal yang perlu diterapkan.

Ancaman Hipertensi di Usia Muda dan Tandanya

Data Riskesdas 2018 yang disebutkan dalam laman sardjito.co.id dikatakan lebih dari 63 juta penduduk menderita penyakit ini dan bahkan lebih dari 600 ribu kasus setiap tahunnya meninggal karena penyakit ini.

Tercatat sebanyak 12 orang penduduk Indonesia yang meninggal setiap 10 menit akibat hipertensi dan komplikasinya.

Selain itu, data dari Riskesdas 2018 yang tercantum dalam laman sehatnegeriku.kemkes.go.id dikatakan bahwa sebesar 34,1% penderita hipertensi dimulai dari usia 18 tahun ke atas, dengan rata-rata kelompok usia 31-44 tahun sebanyak 31,6%, usia 45-54 tahun sebanyak 45,3%, dan usia 55-64 tahun sebanyak 55,2%.

Baca Juga: Bahu Verrell Bramasta Copot Saat Tanding Tinju, Beginilah Penanganan yang Bisa Dilakukan

Sebagai penyakit silent killer hipertensi seringkali tidak menunjukkan gejala dan tanda secara spesifik, namun bagi sebagian orang mungkin untuk menunjukkan gejala seperti nyeri kepala, pusing, rasa mual, pandangan kabur, nyeri dada, sulit tidur, rasa cemas, mudah lelah, dada terasa berdebar, dan lainnya.

Beberapa komplikasi yang sangat mungkin terjadi akibat dari tekanan darah tinggi dan berisiko menyebabkan kematian adalah stroke, serangan jantung, gagal ginjal, kebutaan, gangguan saraf, dan lainnya.

Penyebab Hipertensi di Usia Muda

Penting juga untuk mengenali penyebab hipertensi di usia muda, agar seseorang dapat menghindarinya sejak dini. Berikut ini beberapa penyebab hipertensi, yaitu:

- Merokok (29,3%)

- Kurang konsumsi sayur dan buah (95,5%)

- Konsumsi gula, garam, dan lemak, serta alkohol berlebih