Find Us On Social Media :

Menjaga Ginjal Sehat pada Anak Adalah Aset Masa Depan, Terapkan 7 Tips Berikut Ini

Biasakan konsumsi air putih bisa jadi satu dari tujuh tips menjaga ginjal sehat pada anak. Simak tips lainnya.

GridHEALTH.id – Ginjal adalah organ penting dalam tubuh yang harus dijaga oleh semua orang dan dapat dimulai sejak kecil.

Oleh karena itu, sebagai orangtua penting untuk mengetahui cara terbaik untuk menjaga ginjal anak tetap sehat, sebagai investasi di masa depan.

Tidak perlu bingung, menjaga ginjal sehat pada anak dapat dimulai dengan menerapkan tujuh tips berikut ini. Simak ulasannya!

Pentingnya Menjaga Ginjal Sehat pada Anak

Perannya yang begitu penting dalam tubuh, membuat keberadaan ginjal tidak dapat diacuhkan begitu saja dan setiap orang diusahakan memperhatikan kesehatan ginjal.

Hal ini karena setidaknya ada empat fungsi penting dari ginjal, yaitu:

- Sebagai sistem filtrasi

- Mengontrol kadar cairan dalam tubuh dan dikeluarkan melalui urin

- Mengatur tekanan darah

- Memproduksi sel darah merah, kalsium, dan mineral

Selain fungsi ini, ada juga tiga hormon yang penting untuk tubuh dan diproduksi oleh ginjal, yaitu erythropoietin yang merangsang pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang, renin untuk mengatur tekanan darah, dan vitamin D aktif yang mengontrol keseimbangan kalsium dalam tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

Secara umum penyakit ginjal dibedakan menjadi dua, penyakit ginjal akut yang terjadi secara tiba-tiba dan penyakit ginjal kronis yang seringkali terjadi secara permanen.

Baca Juga: Kasus Gangguan Ginjal Akut Belum Usai, Hak Keluarga Korban Belum Terpenuhi, yang Sembuh Lumpuh dan Buta

Pada penyakit ginjal ini, tidak menutup kemungkinan seorang anak perlu melakukan dialisis atau cuci darah, pemberian obat-obatan, hingga dilakukan transplantasi ginjal.