Find Us On Social Media :

Ini Dia 4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Kurang aktivitas fisik bisa memicu kolesterol di usia muda.

GridHEALTH.id - Kolesterol tinggi adalah kondisi yang cukup umum di mana terlalu banyak kolesterol beredar dalam darah.

Kolesterol adalah lipid (lemak) yang dapat menumpuk menjadi plak di arteri, mempersempitnya dan menyempitkan aliran darah ke dan dari jantung.  Ini dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke.Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala kecuali jika menyebabkan komplikasi. Ini berarti bahwa kita sering tidak tahu bahwa kita memiliki kolesterol tinggi sampai dokter menguji darah kita.

Apa Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda?Penyebab paling umum dari kolesterol tinggi adalah kebiasaan yang bisa memicu kolesterol tinggi di usia muda, seperti;

1. Kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti makan banyak lemak tidak sehat. Satu jenis, lemak jenuh, ditemukan di beberapa daging, produk susu, cokelat, makanan yang dipanggang, serta makanan olahan dan gorengan.

Jenis lain, lemak trans, ditemukan di beberapa makanan yang digoreng dan diproses. Mengonsumsi lemak ini dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) Anda2. Kurangnya aktivitas fisik, dengan banyak gaya hidup dan sedikit olahraga. Ini menurunkan kolesterol baik (HDL).3. Merokok, yang mengurangi kolesterol baik (HDL), terutama pada wanita. Ini juga meningkatkan kolesterol jahat (LDL) Anda4. Genetika juga dapat menyebabkan orang memiliki kolesterol tinggi. Misalnya, hiperkolesterolemia familial adalah bentuk kolesterol tinggi yang diwariskan. Kondisi medis lain dan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Masalah kesehatan apa yang dapat ditimbulkan akibat kolesterol tinggi?Jika memiliki timbunan plak yang besar diarteri , sepotong plak dapat pecah. Ini dapat menyebabkan gumpalan darah terbentuk.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Cek Ambang Batas Normal Kadar Kolesterol, Cegah dengan Bahan-bahan Alami Berikut Ini

Baca Juga: Telapak Kaki Terasa Tebal dan Tidak Nyaman, Cara Ampuh Hilangkan Kapalan di Kaki dengan Bahan Alami

Jika bekuan cukup besar, dapat sedikit atau seluruhnya memblokir aliran darah di arteri koroner.Jika aliran darah kaya oksigen ke otot jantung berkurang atau tersumbat, dapat menyebabkan angina (nyeri dada) atau serangan jantung.Plak juga dapat menumpuk di arteri lain di tubuh, , termasuk arteri yang membawa darah kaya oksigen ke otak dan ekstremitas.

Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti penyakit arteri karotis, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Bagaimana kita tahu jika  memiliki kolesterol tinggi?Biasanya tidak ada tanda atau gejala bahwa kita memiliki kolesterol tinggi. Ada tes darah untuk mengukur kadar kolesterol.

Kapan dan seberapa sering kita harus menjalani tes ini tergantung pada usia, faktor risiko, dan riwayat keluarga. Rekomendasi umumnya adalah:1. Untuk orang berusia 19 tahun atau lebih muda:– Tes pertama harus berusia antara sembilan dan 11 tahun– Anak-anak harus diuji lagi setiap lima tahun– Beberapa anak dapat menjalani tes ini sejak usia dua tahun jika ada riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, serangan jantung, atau stroke2. Untuk orang berusia 20 tahun atau lebih: