Find Us On Social Media :

Rajin Konsumsi Putih Telur Ternyata Baik Untuk Ginjal Sehat, Cukup di Dadar

Putih telur untuk ginjal sehat, kenali manfaat dan tanda awal ginjal rusak.

GridHEALTH.id – Ginjal menjadi salah satu organ vital di dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya, meskipun ukurannya yang hanya sebesar satu kepalan tangan.

Peran dan fungsinya yang membuat organ ini menjadi sangat penting karena akan menjaga keseimbangan cairan dan sumber lainnya dalam tubuh. Sayangnya, bagi seseorang yang memiliki gangguan ginjal, seringkali tidak merasakan gejala sesuatu hingga berubah menjadi masalah serius.

Oleh karena itu, kenali cara untuk menjaganya, salah satunya dengan konsumsi putih telur untuk ginjal sehat, bagaimana cara memanfaatkannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Ginjal Sehat

Ginjal yang sehat secara garis besar memiliki dua fungsi utama, yaitu:

1. Organ pembersih darah

Sebagai pembersih darah, organ ini dapat mengeluarkan sisa limbah metabolisme tubuh, seperti air, ureum, kreatinin, dan bahan lainnya. Pada ginjal sehat, kemampuan untuk membersihkan darah mencapai 100-125 ml/menit.

Proses pembersihan darah ini dimulai saat darah masuk ke ginjal, lalu diproses dan darah yang sudah bersih akan kembali ke pembuluh darah, sedangkan hasil limbahnya akan dikeluarkan dalam bentuk urin.

2. Organ pembuat hormon/enzim

Pembuat hormon atau enzim ini menjadi penting karena dibutuhkan tubuh, seperti eritropoitin untuk membentuk darah, calsitriol untuk metabolisme tulang, renin untuk mengatur tekanan darah.

Tanda Ginjal Sehat yang Rusak

Berikut ini beberapa tanda ginjal sehat yang memiliki masalah dan perlu diwaspadai karena dapat menjadi tanda dari gangguan ginjal, yaitu:

- Buang air kecil lebih sering

- Terdapat darah dalam urin

- Urin berbusa

Baca Juga: Pengungsi Gempa Cianjur Meninggal, Punya Riwayat Penyakit Ginjal, Kenali Komplikasinya