Find Us On Social Media :

Nyeri Leher Bagian Belakang Bisa Jadi Tadi Tanda Kolesterol Tinggi?

GridHEALTH.id - Bila berbicara mengenai kolesterol di dalam tubuh, kita mengenal ada dua jenis kolesterol.

Ada kolesterol 'baik' yang disebut lipoprotein densitas tinggi (HDL/high density lipoprotein) dan kolesterol 'jahat' yaitu lipoprotein densitas rendah (LDL/low density lipoprotein).Terlalu banyak kolesterol LDL tidak hanya buruk bagi kita, tetapi juga bisa mematikan, menyebabkan serangan jantung atau stroke.

HDL membantu mengembalikan LDL ke hati untuk dieliminasi. Oleh karena itu, jika kadar kolesterol LDL terlalu tinggi atau kadar kolesterol HDL terlalu rendah, timbunan lemak menumpuk di pembuluh darah yang membuat darah sulit mengalir melalui arteri, tulis American Heart Association (AHA)

Ini dapat mempengaruhi fungsi tubuh normal dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah LDL kita terlalu tinggi adalah dengan melakukan tes darah dari dokter.

Tetapi sebenarnya ada tanda-tanda kolesterol tinggi yang sebaiknya tidak kita sepelekan.

Tanda Kolesterol Tinggi

1. Sakit kepala dan nyeri leher bagian belakang

Sakit kepala yang sering terjadi di bagian belakang kepala, ditambah nyeri leher bagian belakang bisa menjadi salah satu tandanya.“Penyumbatan pembuluh darah di daerah sekitar kepala menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala. Ini terjadi ketika pembuluh darah tersumbat oleh plak kolesterol. Jika ini dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke,” tulis AHA.

2. Nyeri di tangan dan kaki

Baca Juga: 3 Daun Penurun Kolesterol, Ternyata Bisa Dibuat Sendiri di Rumah!

Baca Juga: Deretan Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Darah Rendah

Baca Juga: Apa Perbedaan Kapalan dan Mata Ikan? Lihat Disini Bedanya

“Penumpukan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini bisa terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa nyeri.”

3. Sering kesemutan di tangan dan kaki

“Gangguan aliran darah ke bagian tubuh tertentu membuat tangan dan kaki terasa kesemutan. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah membuat aliran darah menjadi kental dan mempengaruhi aliran normal darah di saraf dan menyebabkan kesemutan.” (*)