Find Us On Social Media :

Kaleidoskop 2022, Pengawasan Ketat di Pintu Masuk Negara Hingga Pesan Ribuan Vaksin Cacar Monyet

Pasien cacar monyet di Indonesia alami gejala setelah kembali dari luar negeri.

GridHEALTH.id - Permasalahan Covid-19 belum selesai, masyarakat Indonesia tahun ini juga dihebohkan dengan munculnya kasus monkeypox alias cacar monyet.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, pada (20/8/2022), mengatakan pasien tersebut merupakan seorang pria asal DKI Jakarta.

"Satu terkonfirmasi dari DKI Jakarta, seorang laki-laki berusia 27 tahun," kata Syahril, dikutip dari kanal YouTube Kementerian Kesehatan.

Pria tersebut diketahui baru kembali dari perjalanan luar negeri dan sempat mengalami gejala pada 14 Agustus 2022.

Gejala yang dirasakan yakni demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan ruam di kaki, tangan, serta wajah.

Saat melakukan kunjungan ke fasilitas kesehatan, pria itu melakukan serangkaian pemeriksaan dan hasilnya dinyatakan terkena cacar monyet.

Status kedaruratan kesehatan global

 Sebagai pengingat, cacar monyet merupakan penyakit endemik di wilayah Benua Afrika dan jarang sekali ditemukan di luar daerah tersebut.

Namun, pada 7 Mei 2022 kasus penyakit ini pertama kali terkonfirmasi di Inggris. Negara-negara lain pun, seperti yang ada di Eropa maupun Amerika, juga turut mengumumkannya.

Terus bertambahnya kasus infeksi monkeypox di luar Afrika, mengutip laman WHO.int, pada (23/7/2022), Direktur Jenderal WHO menyatakan penyakit ini sebagai Darurat Kesehatan Global.

Sejak saat itu hingga awal November, WHO masih menyatakan cacar monyet sebagai status darurat kesehatan global.

Pengawasan jalur masuk sebagai upaya pencegahan

Setelah terkonfirmasi satu kasus di DKI Jakarta, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan membuat sejumlah kebijakan kesehatan.

 Baca Juga: Kaleidoskop Penyakit 2022, Cacar Monyet Sempat Bikin Kalang Kabut Indonesia