Find Us On Social Media :

Ini Dia 8 Makanan yang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Darah Rendah

Daging merah, contohnya dibuat steak, baik untuk makanand arah rendah.

GridHEALTH. id - Tekanan darah rendah atau hipotensi tidak selalu menunjukkan gejala. Namun, beberapa tanda tekanan darah rendah yang menonjol antara lain bisa berupa pusing, dehidrasi, dan kelelahan.Cara ideal untuk melawan kondisi ini adalah dengan mengikuti diet makanan yang tepat. Pada artikel ini, kita kan menemukan semua yang perlu kita ketahui tentang makanan untuk penderita tekanan darah rendah.

8 Makanan yang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Darah Rendah

Makanan yang kita konsumsi berdampak langsung pada kesehatan jantung dan tekanan darah.

Selain itu, pola makan yang kekurangan protein, vitamin B12 dan B9 (juga dikenal sebagai folat) dapat mencegah tubuh memproduksi cukup sel, yang dapat menyebabkan anemia dan tekanan darah rendah.Akibatnya, sangat penting untuk memiliki makanan yang mengandung proporsi yang tepat dari semua nutrisi. Ini akan membantu tubuh mempertahankan tekanan normal kurang dari 120/80 mm Hg.Menurut ahli kesehatan, tekanan darah di bawah 90/60 mm Hg adalah tanda hipotensi yang jelas. Oleh karena itu, sebagai protokol pengobatan, dokter dan ahli gizi meresepkan diet sehat yang membantu menaikkan tekanan darah seseorang.Diberikan di bawah ini adalah daftar makanan yang baik untuk pasien tekanan darah rendah, diurutkan dari yang paling efektif hingga yang paling sedikit sehubungan dengan kandungan airnya.

1. Kismis

Selain menurunkan hipertensi, kismis juga efektif mengelola tekanan darah rendah. Kita dapat merendam sekitar 10 buah kismis dalam air semalaman.

Keesokan paginya, kitaa bisa memakannya satu per satu dengan perut kosong. Alternatifnya, kita juga bisa mengambil air yang telah direndam kismis.

2. Kafein

Baca Juga: 5 Tanda Kadar Kolesterol Sudah Lampu Merah, Bahayanya Ke Jantung!

Minuman seperti teh dan kopi dapat menyebabkan peningkatan detak jantung, bersamaan dengan lonjakan sementara tekanan darah.

Faktanya, tekanan darah naik dalam satu jam pertama setelah mengonsumsi kafein, dengan efeknya bertahan sekitar 2-3 jam.Di sini, kitaharus mencatat bahwa peningkatan ini kecil dan berjangka pendek. Selain itu, asupan kafein tidak memengaruhi semua orang dengan cara yang sama, dan peminum kopi biasa mungkin tidak mengalami peningkatan tekanan darah setelah mengonsumsi kafein.

3. Brokoli

Vegan dan vegetarian dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi brokoli karena sayuran ini mengandung folat, zat besi, dan kandungan air yang tinggi.

Faktanya, satu cangkir brokoli mentah mengandung sekitar 89% air. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam diet makanan bagi penderita tekanan darah rendah.Selain itu, secangkir brokoli mentah mengandung sekitar 2,5 gram protein dan 78mcg folat. Dan secangkir brokoli matang mengandung sekitar 1 mg zat besi bersama dengan 93 g air.

4. Telur

Daging adalah sumber mineral, protein, dan vitamin yang baik. Konon, orang dengan tekanan darah rendah yang tidak bisa mengonsumsi daging merah dapat menggunakan telur karena tingginya kadar folat, vitamin B12, protein, dan zat besi.