Find Us On Social Media :

Makanan yang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Crohn's Disease

Makanan untuk penderita Crohn's disease sebaiknya perbanyak sayur dan serat.

GridHEALTH.id - Usus kecil dan besar kita masing-masing memiliki tugas khusus untuk dilakukan.

Makanan dan minuman berjalan melalui usus kecil terlebih dahulu, tempat vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya diserap.

Saat yang tersisa tiba di usus besar, juga dikenal sebagai usus besar, ia menyedot kelebihan air dan garam dari bahan limbah sebelum mengubahnya menjadi tinja.

Namun, ketika kita menderita penyakit Crohn, organ-organ ini berhenti melakukan tugasnya. Usus kecil yang meradang tidak dapat mencerna makanan sepenuhnya.

Sehingga kita kehilangan makronutrien seperti protein, karbohidrat, dan lemak (semua sumber energi), dan mikronutrien, yang merupakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Akibatnya, makanan yang tidak tercerna dengan sempurna kemudian berpindah ke usus besar, menyebabkan diare.

Jika usus besa juga terkena penyakit Crohn, ia berjuang untuk menyerap air, dan kelebihan cairan itu bergabung dengan diare dan menciptakan kebutuhan mendesak untuk pergi ke kamar mandi.Artinya, meskipun kita makan dengan sehat, selama serangan Crohn, banyak dari nutrisi baik itu terbuang sia-sia. Ini dapat menyebabkan kekurangan gizi dan menyebabkan penurunan berat badan dengan cepat.

Tinjauan tahun 2020 di jurnal Nutrients melaporkan bahwa 20% hingga 40% pasien rawat jalan dengan Penyakit Crohn mengalami penurunan berat badan.

Makanan yang Aman Dikonsumsi Bagi Penderita Crohn's Disease

Secara umum, kita sebaiknya menghindari makanan olahan yang dapat memicu peradangan usus. Lebih baik mengikuti Diet Mediterania yang terdiri dari biji-bijian, sayuran, buah-buahan, lemak sehat, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan telur.

Berikut adalah makanan yang disarankan, baik dalam periode sehat, maupun saat kambuh.

Baca Juga: 5 Kram Perut Sering Dialami Wanita, Bisa Berisiko Ganggu Kesuburan

- Makanan kaya serat: Adalah mitos bahwa pasien Crohn harus melewatkan serat. Serat sarat dengan prebiotik, yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus.