Find Us On Social Media :

Rekam Jejak Indonesia Hadapi Pandemi yang Abstrak Diabadikan dalam Buku Covid-19

Peluncuran buku Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional oleh Menkes dan Menko Perekonomian.

GridHEALTH.id – Pandemi covid-19 yang melanda dunia disebut-sebut sudah menuju akhir, diikuti dengan adanya pernyataan dari WHO yang menyebut akhir pandemi sudah di depan mata.

Setelah sekitar tiga tahun dunia termasuk Indonesia dilanda berbagai jenis varian Covid-19, kini Indonesia disebut berhasil menghadapi pandemi Covid-19 jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Pandemi Covid-19 sendiri disebut-sebut memberikan banyak pelajaran bagi semua pihak dan generasi berikutnya.

Penanganan Covid-19 di Indonesia dan Peluncuran Buku Covid-19

Dengan kondisi ini, Menko Perekonomian bersama dengan berbagai pihak terkait, termasuk Menkes meluncurkan buku Covid-19 dengan judul “Buku Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional” pada Selasa (20/12/2022).

Peluncuran buku ini diinisiasi oleh Kemenko Perekonomian dengan melibatkan berbagai pihak terkait, mulai dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Badan POM, BNPB, gubernur, hingga LPM UI.

Acara peluncuran buku ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Menteri Kesehatan RI, Menteri Perindustrian RI, Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Koperasi UKM RI, Wakil Menteri Keuangan RI / Ketua Satgas PEN, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Gubernur Jawa Barat.

Terhitung 2020, sejak kasus pertama Covid-19 masuk ke Indonesia, banyak kebijakan dan perubahan yang dilakukan berbagai pihak dalam menghadapi pandemi ini.

Setelah hampir tiga tahun hidup dengan virus Covid-19, Indonesia disebut berhasil dalam menangani pandemi ini jika melihat kasus harian yang terus terkendali.

“Koordinasi dari Pak Menko terbukti bahwa masalah kesehatan kita teratasi, sekaligus ekonominya juga kembali pulih, dan kalau saya bilang termasuk yg paling cepat, dan juga paling murah untuk bisa mengembalikan posisi negara kita seperti ini,” kata Menkes Budi menyampaikan keberhasilan penanganan Covid-19 di Indonesia dalam acara peluncuran buku ini (20/12/2022).

Semua perubahan ini tercatat di dalam buku, termasuk lini masa selama Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

“Buku ini tentunya menyampaikan beberapa keberhasilan yg dilakukan pemerintah dalam penanganan covid, dan ini merupakan pembelajaran yang berharga, dan yg paling penting dalam buku itu adalah lini masa ini,” kata Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T selaku Menko Perekonomian.

Baca Juga: 7 Gejala Baru Infeksi Covid-19 BN.1, Harus Diwaspadai Saat Nyeri Otot