Find Us On Social Media :

Hati-hati Pekerja Shift Malam Berisiko Mengalami Kanker Usus

Inilah usia rentan dan beragam faktor penyebab kanker usus lainnya yang perlu diwaspadai.

GridHEALTH.id – Memasuki usia lanjut, seringkali muncul berbagai keluhan dalam tubuh dan seiring bertambahnya usia, fungsi kerja tubuh pun mengalami penurunan sehingga lebih riskan terkena berbagai jenis penyakit.

Salah satu penyakit yang tidak bisa disepelekan begitu saja adalah kanker usus, dimana memasuki usia rentan dapat memicu terjadinya kanker usus. Selain usia ada banyak faktor penyebab lainnya yang berpengaruh.

Kanker usus sendiri menjadi salah satu jenis kanker dengan jumlah penderita yang cukup banyak di dunia dan sama seperti kanker lainnya, kanker ini akan sangat efektif dalam pengobatan saat terdeteksi lebih awal.

Di sisi lain, karena keberadaan kanker ini ada di dalam usus, seringkali seseorang tidak mudah untuk merasakan adanya keluhan, maka dari itu penting untuk mengenali gejala dari kanker ini selain faktor penyebabnya.

Gejala Kanker Usus

Meski seringkali kanker ini pada stadium awal tidak menunjukkan gejala secara signifikan, namun ada beberapa gejala umum yang dapat menjadi bentuk kewaspadaan seperti yang disebutkan oleh CDC, yaitu:

- Perubahan kebiasaan buang air besar

- Ada darah di dalam feses

- Diare, sembelit, perasaan bahwa usus tidak sepenuhnya kosong

- Sakit perut, nyeri, kram yang tidak kunjung membaik

- Penurunan berat badan tiba-tiba.

Baca Juga: Gejala Kanker Usus Muncul Benjolan di Perut, Simak Penjelasannya!

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan untuk dapat mendeteksi dini secara pasti penyebab munculnya gejala tersebut.