Find Us On Social Media :

Aneka Penyakiti Diabetes Mulai dari Penyebab Hingga Pengobatan

Serba serbi diabetes dilihat berdasarkan penyebab dan pengobatannya.

GridHEALTH.id - Dikenal dengan nama penyakit gula, diabetes merupakan masalah kesehatan kronis yang berlangsung seumur hidup.

Diabetes ditandai dengan kenaikan kadar gula darah dalam tubuh, akibat ketidakmampuan insulin mengambil gula dari darah dan mengubahnya menjadi energi.

Tipe dan Penyebab Diabetes

Melansir International Diabetes Federation (IDF), terdapat tiga jenis diabetes utama yang dikategorikan berdasarkan penyebabnya.

1. Diabetes tipe 1

Bisa terjadi pada usia berapapun, tapi paling banyak terdeteksi pada anak-anak dan remaja.

Ketika mengalaminya, tubuh hanya menghasilkan insulin yang sangat sedikit. Faktor risiko kondisi ini salah satunya adalah riwayat dalam keluarga.

2. Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada orang dewasa dan hampir 90% penyandang diabetes di seluruh dunia mengidap tipe ini.

Saat didiagnosis gangguan kesehatan ini, tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan baik seperti seharusnya.

Selain karena faktor risiko riwayat dalam keluarga, gaya hidup dan pola makan tak sehat menjadi faktor penyebab utamanya.

3. Diabetes gestasional

Ini merupakan penyakit metabolik yang terjadi pada ibu hamil dengan kadar gula darah yang tinggi.

Disingkat GDM, diabetes tipe ini biasanya menghilang setelah ibu melahirkan. Akan tetapi, ada risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi pada ibu dan anaknya di kemudian hari.

Gejala yang muncul dari ketiga tipe ini hampir sama, seperti lebih sering merasa haus daripada biasanya, sering buang air kecil, kelelahan, lebih sensitif, dan penglihatan kabur.

Baca Juga: Fakta Puasa Intermiten jika Rutin Dilakukan Penyintas Diabetes Tipe 2, Setelah 3 Bulan Membaik