Find Us On Social Media :

Cegah Penyakit Jantung, Ini Tips Sehat Melancarkan Peredaran Darah

Berikut ini 7 tips sehat melancarkan sirkulasi peredaran darah, yang bisa bantu cegah penyakit jantung.

GridHEALTH.id – Nyeri pada dada yang begitu menyakitkan menjadi salah satu ciri khas penyakit jantung yang tidak dapat dibiarkan, karena bisa menyebabkan kematian.

Sebelum terlambat, mulailah dengan memastikan sirkulasi peredaran darah berjalan lancar, dari dan ke jantung.

Simak ulasan berikut ini mengenai tips sehat melancarkan peredaran darah yang baik untuk kesehatan jantung.

Gejala Penyakit Jantung dan Peredaran Darah Tersumbat

Penyakit jantung sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari jantung koroner atau serangan jantung, angina, gagal jantung, dan lainnya.

Ada beberapa gejala umum yang bisa menjadi tanda kewaspadaan dari penyakit jantung, antara lain adalah nyeri hebat pada dada, sesak napas, pusing, berkeringat, mual, rasa sakit yang menjalar ke bagian lain seperti lengan, rahang, leher, punggung, atau perut.

Sedangkan disebutkan dalam Medical News Today, bahwa ada beberapa gejala yang terjadi saat sirkulasi peredaran darah tidak baik, seperti perasaan geli, pembengkakan, kelelahan, kejang, perubahan kulit, masalah kognitif, masalah pencernaan, disfungsi ereksi, dan lainnya.

Faktor Penyebab Sirkulasi Peredaran Darah Tersumbat

Beberapa faktor risiko yang menyebabkan sirkulasi peredaran darah tersumbat, dimulai dari tekanan darah rendah, tingkat kesehatan darah, kesehatan jantung, kesehatan pembuluh darah.

Sirkulasi peredaran darah tersumbat akan ditandai dengan adanya penumpukan plak, pembekuan darah, hingga penyempitan pembuluh darah, dan kondisi ini juga sangat diperngaruhi oleh faktor risiko lainnya termasuk gaya hidup.

Pentingnya Melancarkan Peredaran Darah Untuk Jantung Sehat

Tubuh manusia dialiri oleh darah untuk menyampaikan nutrisi dan oksigen ke setiap jaringan dan organ tubuh.

Salah satu organ yang memiliki peran untuk memompa darah adalah jantung, yang dikenal dengan proses sirkulasi.

Oleh karena itu, sirkulasi sebagai proses jantung memompa darah ke seluruh tubuh adalah elemen penting untuk kesehatan seseorang, sehingga harus dipastikan berjalan dengan baik.

Medical News Today menyebutkan jika sirkulasi peredaran darah sebagian besar merupakan proses otomatis, namun ada beberapa cara untuk memperbaikinya.