Find Us On Social Media :

Adik Rano Karno Pilih Amputasi Kakinya, Konsekwensi Gaya Hidup Masa Muda, Dirinya Merasa Bersalah

Suti Karno memilih amputasi kakinya.

GridHEALTH.id - Suti Karno, artis senior, adik dari Rano Karno, memilih mengamputasi kakinya demi kesehatannya. Menurutnya pilihan amputasi kaki yang telah dijalankan dua bulan lalu, keputusannya sendiri, bukan dokter.

Pemeran Atun dalam serial sinetron Si Doel Anak Betawi, diketahui sudah lama sakit.

Sakit yang dialaminya sejatinya bisa dihindari dan juga bisa dikontrol supaya tidak bertambah parah.

Ya, Suti Karno, adalah penyintas diabetes sejak lama, sudah 18 tahun.

Sayangnya managemen diabetes yang dilakukannya, mungkin kurang baik dan maksimal, sehingga dirinya sampai mengalami komplikasi diabetes.

Baca Juga: Langkah Mendeteksi Usus Buntu Sendiri, Bisa dengan Menekukkan Kaki?

Suti Karno pun mengakui dirinya terlambat berobat diabetes.

"Kakiku harus diamputasi sebelah kanan. Awalnya cuma luka dua jari aja," ujar Suti, dikutip dari YouTube Starpro."Cuma karena saya terlambat berobat, karena sibuk syuting Si Doel Series, akhirnya kedua jari kaki tidak bisa diselamatkan dan harus diamputasi," lanjutnya.Tapi setelah mengamputasi dua jari kakinya, seminggu kemudian kondisi kakinya mulai menghitam dan mati."Setelah amputasi kedua jari kaki saya, ternyata yang sebelahnya pun seminggu kemudian menghitam dan mati," ucap Suti.

Baca Juga: Air Minum Berkualitas, Bagian Penting Untuk Menjaga Kesehatan

Kerusakan saraf yang terjadi pada kaki penyandang diabetes, dikenal juga dengan nama neuropati diabetik.Luka yang dialami oleh penyandang diabetes juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh, karena aliran darah yang tidak lancar.Jika sudah terinfeksi, bisa menjadi ulkus kaki diabetes, luka terbuka yang mirip dengan borok, dikutip dari uofmhealth.org, Kamis (16/12/2021).Biasanya ulkus kaki diabetes letaknya ada di telapak kaki. Lama-lama, kondisi ini mengarah pada kematian jaringan atau gangren.Pada tahap ini, tindakan amputasi perlu dilakukan terhadap kaki penyandang diabetes.

Baca Juga: Membuat Butter Cake Mudah Dibuat di Hari Natal Ala Chef Devina

Amputasi diperlukan untuk mencegah infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.