Find Us On Social Media :

Ketombe Susah Hilang dan Banyak, Apakah Pertanda Penyakit Tertentu?

Ketombe susah hilang dan banyak, jangan disepelekan, bisa jadi tanda dari penyakit tertentu yang ditandai dengan ketombe.

GridHEALTH.id – Ketombe menjadi salah satu masalah kulit kepala, yang umum dialami banyak orang.

Tidak hanya itu, serpihan putih yang menempel hingga ke bahu tidak jarang mengganggu penampilan.

Parahnya pada sebagian kasus, walau sudah gonta-ganti shampo anti-ketombe, ketombe tetap membandel, tidak kunjung hilang.

Simak ulasan berikut ini mengenai penyebab ketombe susah hilang dan penyakit apa saja yang ditandai dengan ketombe.

Ciri-ciri Ketombe di Kepala

Ketombe terjadi ketika sebagian kecil kulit kering terlepas dari kulit kepala, sehingga menghasilkan serpihan berwarna putih di rambut hingga bagian bahu.

Selain cirinya yang berwarna putih, ciri khas lain dari ketombe adalah menimbulkan rasa gatal di kulit kepala, kulit kepala sisik dan berminyak, atau kulit kepala terasa kering.

Dalam kasus yang parah, ciri lain dari ketombe adalah benjolan bersisik kekuningan hingga kemerahan di sepanjang garis rambut.

Kenapa Ketombe Susah Hilang?

Tahukah, ketombe sulit hi,ang salah satunya karena kita salah dalam menggunakan produk perawatan rambut.

Produk perawatan rambut yang sakah itu membuat kulit kepala menjadi ensitif.

Tapi, seperti disebutkan dalam laman everydayhealth.com, etombe sebenarnya cukup sulit didefinisikan karena tumpang tindih dengan dermatitis seboroik, dan penyakit yang mendasari lainnya, yang sama-sama menyebabkan kulit kepala bersisik.

Jadi tidak menutup kemungkinan juga, ada ketombe yang memang disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang berminyak, sehingga memicu pertumbuhan ragi, Malassezia globosa.

Pada orang dengan kulit kepala normal, memerlukan waktu satu bulan penuh untuk sel-sel kulit baru di kulit kepala menjadi matang, mati, dan rontok, sehingga tidak menimbulkan banyak bercak putih akibat sel kulit kepala yang mati.