Find Us On Social Media :

Tanda-tanda dan Penyebab Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi Baru Lahir

Berikut ini penyebab penyakit jantung bawaan pada bayi dan cara mengobatinya. Juga tanda-tandanya yang bisa kita deteksi.

GridHEALTH.id – Penyakit jantung bisa dialami oleh siapa saja, termasuk bayi baru lahir. Penyakit ini dikenal dengan penyakit jantung bawaan pada bayi.

Simak ulasan berikut ini untuk memahami penyakit jantung bawaan pada bayi, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Penyakit jantung bawaan adalah jenis cacat lahir yang paling umum dan mempengaruhi struktur jantung bayi, serta cara kerjanya.

CDC menyebut penyakit jantung bawaan (PJK) mempengaruhi bagaimana darah mengalir melalui jantung dan keluar ke seluruh tubuh.

Penyakit ini bisa bervariasi, dari yang ringan, dengan kondisi adanya lubang kecil di jantung, hingga kasus parah, seperti bagian jantung yang hilang atau terbentuk dengan tidak sempurna.

Ada juga bayi yang lahir dengan penyakit jantung bawaan kritis, kondisi ini membutuhkan pembedahan atau prosedur lain pada tahun pertama kehidupan.

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Tanda dan gejala penyakit jantung bawaan pada bayi sangat beragam, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan dari kecacatan pada organ jantung.

CDC dan Mayoclinic menyebutkan beberapa tanda dan gejala PJK pada bayi, yaitu:

- Kuku, lidah, atau bibir berwarna biru

- Nafas cepat dan mengantuk

- Terlihat kelelahan saat menyusui

Baca Juga: Malas Gerak Picu Penyakit Jantung, Ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Jantung