Find Us On Social Media :

Sama-sama Bikin Gatal, Ini Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Berikut ini perbedaan ketombe dan kulit kepala kering, meski sama-sama berbentuk serpihan dan gatal.

GridHEALTH.id – Semua serpihan yang ditemukan di kulit kepala seseorang, seringkali dianggap sebagai ketombe, apalagi jika gejalanya disertai dengan gatal.

Nyatanya, meski sama-sama bikin gatal dan berbentuk serpihan, ternyata tidak semuanya mengarah pada ketombe, bisa juga akibat dari kulit kepala kering.

Simak ulasan berikut ini mengenai perbedaan ketombe dan kulit kepala kering, dilihat dari berbagai sudut, seperti gejala, penyebab, hingga cara mengatasinya.

Disebutkan dalam laman Healthline, persamaan dari ketombe dan kulit kepala kering adalah berbentuk serpihan yang berjatuhan dan diiringi dengan rasa kulit kepala gatal.

Meski demikian, kedua kondisi ini adalah kondisi yang berbeda. Simak perbedaannya berikut ini.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Menghilangkan Benjolan Ambeien, Rasa Sakit Reda

Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Perbedaan ketombe dan kulit kepala kering secara umum dapat dilihat dari besarannya, di mana serpihan yang berminyak dan besar biasanya adalah ketombe.

Sedangkan serpihan kering dan lebih kecil menandakan kulit kepala kering, lalu bagaimana perbedaan keduanya secara lebih spesifik? Berikut ulasannya.

Secara definisi, ketombe mengarah pada kondisi di mana bagian kulit melepaskan sel kulit mati dengan proses yang lebih cepat dari biasanya, sehingga semakin cepat kulit kepala melepaskan kulit mati, maka semakin parah ketombe.

Untuk kulit kepala kering, didefinisikan sebagai kondisi saat kulit kepala tidak memiliki cukup minyak untuk membuat kulit terasa terlumasi, rambut akan terlihat kering.

Gejala

Dilihat dari segi gejalanya, ketombe dan kulit kepala kering tentu memiliki karakteristik yang berbeda.

Baca Juga: Anak Mengalami Sakit Perut, Jika Tidak Seperti Biasanya Bisa Tanda Iritasi Usus