Find Us On Social Media :

3 Bahaya Kanker Usus yang Bisa Dicegah, Seperti Diderita Legenda Sepak Bola Pele

Belajar dari pengalaman legenda speck bola dunia, Pele yang meninggal karena kanker usus, inilah bahaya kanker usus.

GridHEALTH.id – Kanker dapat menyerang siapa saja, terbaru salah satu korban keganasan kanker adalah seorang legenda sepak bola, Pele.

Pele tutup usia karena kanker usus yang dideritanya, belajar dari kisah Pele, mari mengenalli bahaya kanker usus dan cara pencegahannya. Simak dalam ulasan berikut ini.

Pele Meninggal Karena Kanker Usus

Dilansir dari Daily Mail (29/12/2022), Pele meninggal pada usia 82 tahun, setelah berjuang melawan kanker usus besar, yang sempat membuatnya harus dirawat di rumah sakit selama sebulan.

Tahun lalu, satu-satunya pemain yang pernah memenangkan Piala Dunia tiga kali hingga menjadikannya sebagai legenda sepak bola dunia ini, sudah sempat menjalani pengangkatan tumor dari usus besarnya.

Diberitakan bahwa salah satu orang paling berpengaruh di abad ke-20 dan menjadi ikon olahraga kulit hitam global pertama ini, telah dirawat di rumah sakit sejak akhir bulan November lalu.

Baca Juga: Penyebab Depresi, Tiko Menceritakan Kondisinya dan sang Ibu di Rumah Gedong yang tak Terurus

Pele meninggal pada Kamis (29/12/2022) setelah setahun melawan kanker usus yang dikenal sebagai silent killer ini dan sempat menjalani kemoterapi dan operasi pengangkatan tumor di usus besarnya pada September 2021.

Setelah itu dikabarkan dirinya menderita masalah ginjal dan prostat setelah operasi pengangkatan, selain itu Pele juga sempat terinfeksi Covid-19 di saat kankernya berkembang menjadi lebih lanjut.

Komplikasi membuat Pele harus di rawat di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil, dengan kondisinya yang semakin memburuk, membuatnya harus ditempatkan di perawatan paliatif.

Bahaya Kanker Usus

Kanker usus menjadi salah satu jenis kanker yang banyak diderita di Indonesia, data dari Globocan (Maret 2021) disebutkan kanker usus besar menempati urutan ke-6 dengan total 17.368 kasus.

Angka kematian dari kanker usus besar di Indonesia menempati peringkat ke-8 dengan sebanyak 9.444 jiwa.

Baca Juga: Pengobatan Kanker Usus Canggih, Berikut Uraiannya Berdasarkan Stadium