Find Us On Social Media :

5 Tanaman Herbal Obat Nyeri Sendi Lutut, Ampuh Kurangi Rasa Sakit

Minyak kayu putih dapat mengatasi nyeri sendi di lutut.

GridHEALTH.id - Nyeri sendi pada lutut tak hanya dapat diatasi menggunakan obat pereda nyeri, tapi juga dengan tanaman herbal.

Tanpa disadari, mungkin beberapa tanaman obat nyeri sendi lutut sebenarnya ada di halaman rumah.

Penyebab Nyeri Sendi Lutut

Nyeri yang terjadi pada persendian di area lutut adalah masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh orang-orang dari segala usia.

Melansir Mayo Clinic, nyeri sendi lutut disebabkan oleh beberapa kondisi seperti cedera ataupun berbagai macam tipe peradangan, salah satunya seperti asam urat.

Rasa nyeri di titik ini seringkali disertai dengan pembengkakan dan kekakuan, kemerahan dan sensasi hangat saat disentuh, serta ketidakstabilan.

Baca Juga: 7 Rebusan Daun untuk Menurunkan Asam Urat Secara Cepat dan Alami

Pada beberapa orang bahkan sampai menimbulkan suara berderak dan menyebabkan kesulitan meluruskan kaki.

Gejalanya memang bermacam-macam dan satu orang dengan yang lain mungkin akan mengalami keluhan berbeda karena tergantung pada penyebab utamanya.

Tanaman Obat Nyeri Sendi

Biasanya, untuk mengatasi gangguan kesehatan ini, akan digunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen.

Namun, jika tidak ingin selalu mengandalkan obat kimia, beberapa tanaman herbal berikut juga bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk meredakan nyeri sendi.

1. Jahe

Tanaman obat nyeri sendi lutut yang pertama adalah jahe. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki herbal ini, mampu menekan molekul serta zat pemicu peradangan yaitu leukotrien dan prostaglandin.

Baca Juga: Perbedaan Nyeri Sendi dan Radang Sendi, Sekilas Mirip Tapi Berbeda