Find Us On Social Media :

Deteksi Dini Penyakit dengan CT scan, Klik di Sini Supaya Lebih Paham

Inilah yang dinamakan ct scan, manfaat, fungsi dan kegunaannya, juga untuk pemeriksaan medis apa saja.

GridHEALTH.id - Kita tentu sudah pernah mendengar pemeriksaan penunjang medis Ct scan. Tapi apakah kita tahu apa itu Ct scan?

Padahal sebelum melakukannyaa atau mengikuti anjuran dokter untuk melakukan Ct scan, sebagai pasien cerdas harus tahu dulu apa itu C scam, mulai dai bentuk, cara kerja, fungsi, dan kegunaannya.

Hal ini penting, supaya tindakan medis yang kita jalankan sesuai dengan kebutuhan alias rasional.

Untuk diketahui, Computed Tomography Scan atau CT Scan adalah prosedur pemeriksaan yang memanfaatkan teknologi komputer khusus dan sinar-X untuk melihat jaringan dan struktur di dalam tubuh melalui berbagai sudut.

CT scan adalah mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar,cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring.

Baca Juga: Cara Penggunaan Nitrogen Cair Pada Makanan yang Direkomendasikan, Salah Sedikit Bisa Terjadi Kasus Seperti Ciki Ngebul

Pemeriksaan CT Scan instrumen penting dalam metode pencitraan medis, sebagai penunjang sinar-X dan ultrasonografi.

Dengan melakukan CT Scan, dokter akan mendapatkan gambaran organ dalam, seperti jaringan lunak, tulang, dan pembuluh darah secara lebih detail.

Adapun beberapa fungsi CT Scan adalah sebagai berikut:

* Menentukan ukuran dan letak tumor. * Memastikan lokasi infeksi dan pembekuan darah. * Menunjang penegakan diagnosis kelainan tulang, sendi, dan otot. * Menentukan prosedur medis lanjutan, seperti operasi, biopsi, atau terapi radiasi. * Mendeteksi sekaligus memantau perkembangan kondisi tertentu, seperti kelainan jantung atau kanker. * Menemukan lokasi cedera dan pendarahan internal.

Beda Ct scan dengan MRI, Rontgen dan Lainnya.

Baca Juga: ART di Jakarta Pusat Aborsi Bayi dengan Minum Obat, Ketahui Risikonya!

Berbeda dengan pemeriksaan MRI yang memanfaatkan gelombang radio dan sinar radiasi, CT Scan menggunakan mesin sinar-X dan teknologi komputer.