Find Us On Social Media :

4 Titik Pijat Untuk Asam Lambung, Bisa Jadi Pertolongan Pertama Saat Kambuh

Berikut ini empat titik pijat untuk asam lambung, bisa dicoba sebagai cara meredakan gejala.

GridHEALTH.id – Merasakan asam lambung naik tentu menjadi kondisi yang membuat seseorang tidak nyaman.

Jangan tunggu semakin parah, cobalah redakan gejalanya dengan memijat titik pijat untuk asam lambung yang sesuai dengan pengobatan tradisional Cina berikut ini.

Penyakit Asam Lambung

Asam lambung yang naik dikenal dalam medis sebagai kondisi GERD atau gastroesophageal reflux disease, yaitu kondisi saat asam lambung naik dari perut menuju ke kerongkongan (refluks asam).

Beberapa gejala penyakit asam lambung yang bisa dirasakan adalah adanya sensasi terbakar di dada dan seperti ada makanan yang tersangkut di tenggorokan.

Bisa juga diiringi dengan batuk kering serta kesulitan menelan, sesak napas seperti asma, radang tenggorokan, tidur terganggu, batuk kronis. Gejala-gejala ini bisa dirasakan dua kali atau lebih dalam seminggu.

Baca Juga: Jalan Kaki 10 Menit, 11 Manfaat Didapat dan Mengurangi Risiko Kematian Hingga 15 Persen

Penyebab Asam Lambung

Penyebab dari asam lambung adalah melemahnya katup di bagian bawah kerongkongan, sehingga asam lambung yang seharusnya tidak bisa ke atas menjadi naik melewati katup esofagus dan mengiritasi dinding esofagus.

Titik Pijat Untuk Asam Lambung

Berikut ini 4 titik pijat untuk asam lambung yang bisa coba dilakukan saat asam lambung naik, untuk meringankan gejalanya:

1. Titik Neiguan

Titik pijat untuk asam lambung yang pertama adalah titik neiguan, yang terletak dua inci di atas lipatan melintang pergelangan tangan, detailnya kira-kira jarak dari lipatan pergelangan tangan sekitar tiga jari (jari telunjuk, jari tengah, jari manis), posisi antara dua tendon di pergelangan tangan.

Titik ini disebut terhubung dengan bagian dada dan perut manusia, sehingga memijat titik ini dapat meredakan sesak dada, jantung berdebar, batuk, sakit perut, dan peningkatan asam lambung.

Selain itu mengurangi gejala mual, muntah, mabuk perjalanan, hingga sekresi asam lambung yang berlebihan di gastroesofagus. Cobalah rangsang titik ini dengan memijat menggunakan jari, tongkat pijat, atau buku jari yang ditekuk.