Find Us On Social Media :

Mudah Lelah, Sulit Tidur, Gejala Gagal Ginjal Kronis, Ini Pengobatannya

Tanda-tanda awal gagal ginjal kronis yang bisa kita deteksi dengan mudah.

GridHEALTH.id - Gagal Ginjal Kronis merupakan kondisi ketika fungsi Ginjal secara bertahap akan menurun karena kerusakan  ginjal. 

Ketika hal ini terjadi, maka cairan, elektrolit dan limbah akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan banyak gangguan.

Sebelum mengalami Gagal Ginjal tahap akhir, penderitanya akan mengalami 5 stadium yang diukur dengan Laju Filtrasi Glomerulus (LFG) yang dijelaskan oleh dr. Maria Irawati Simanjuntak, SpPD,KGH,KIC, dari Dokter Konsultan Ginjal dan Hipertensi RSUD Tarakan Jakarta;

* Stadium 1 (LFG di atas 90), fungsi ginjal masih bekerja secara normal, namun tanda-tanda awal penyakit ginjal mungkin sudah muncul.

* Stadium 2 (LFG 60–89), fungsi ginjal mulai sedikit menurun.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Obat Panu untuk Anak tersedia di Apotek, Aman Digunakan

* Stadium 3 (LFG 30–59), penyaringan zat-zat sisa dari dalam tubuh sudah mulai tidak efektif, sehingga muncul beragam keluhan.

* Stadium 4 (LFG 15–29), fungsi ginjal sudah sangat rendah.

* Stadium 5 (LFG di bawah 15), ginjal hampir tidak berfungsi/menurun, sehingga zat-zat sisa dan cairan yang berlebih menumpuk di dalam sehingga tubuh mengalami pembengkakan. “Di stadium akhir fungsi ginjal hampir tidak berfungsi, sehingga tubuh mengalami penumpukan limbah. Cairan yang harusnya bisa keluar dari urine, justru menumpuk di dalam sehingga tubuh mengalami pembengkakan. Selain itu cairan dalam paru-paru juga menjadi berlebih sehingga penderitanya akan mengalami sesak nafas. Nah biasanya kita mengalami gejala Gagal Ginjal itu di stadium 4 atau stadium 5,” jelas dr. Maria Irawati Simanjuntak. dikutip dari Dinkes Provindi DKi Jakarta (1003/2022). Untuk diketahui, ginjal merupakan salah satu organ vital penting dalam tubuh manusia. Fungsi penting dari Ginjal yaitu menyaring 120-150 liter darah, mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, mengeluarkan sisa metabolisme, mengatur tekanan darah dan penghasil hormon eritropoeitin.

Baca Juga: 5 Obat Nyeri Sendi di Apotek dan Dosis Penggunannya yang Tepat

Hasil penyaringan tersebut akan keluar dalam bentuk urine. Dari sini, sangat jelas bahwa fungsi ginjal ini sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia.

Ketika kesehatan Ginjal kita tidak dijaga, maka akan terjadi kerusakan ginjal yang diikuti oleh penurunan fungsi Ginjal.