Find Us On Social Media :

6 Cara Cepat Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP dari HandPhone

Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP. Penting rutin dilakukan, supaya bisa terus mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan.

GridHEALTH.id - Fungsi BPJS Kesehatan sangat penting dalam kehidupan, salah satunya mendapatkan program jaminan kesehatan.

Sehingga, masyarakat dapat merasakan manfaat perlindungan dan pemeliharaan kesehatan.

Kegunaan BPJS Kesehatan antara lain untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama, pelayanan promosi kesehatan dan pencegahan (promotif preventif), dan pelayanan kuratif dan rehabilitatif (pengobatan).

Kegunaan BPJS Kesehatan itu semua bisa didapatkan jika kita terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Nah, setiap peserta BPJS Kesehatan memiliki Nomor BPJS Kesehatan. Nomor itu adalah nomor penting yang diperlukan ketika hendak melakukan pembayaran iuran.

Baca Juga: Naringenin pada Tomat yang Bisa Menjadi Solusi Nyeri Karena Ambeien, Ini Cara Penggunaannya

Jika tidak membayar maka tagihan pembayaran bisa tertunda atau gagal pembayaran, sehingga kartu BPJS Kesehatan dinonaktifkan dan tidak dapat digunakan.

Jika ini terjadi maka kita tidak bisa mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan apapun di faskes.

Tapi jangan khawatir BPJS Kesehatan terus memberikan kemudahan, kecepatan dan kepastian layanan bagi peserta JKN-KIS, salah satunya dalam hal mengecek status keaktifan kepesertaan JKN-KIS.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf menjelaskan bahwa ada berbagai macam kanal layanan non tatap muka yang dapat diakses peserta secara mandiri setiap saat untuk mendapatkan informasi status aktif tidaknya kartu JKN-KIS.“Ada banyak kanal digital yang bisa dimanfaatkan peserta JKN-KIS untuk mengecek status kepesertaan JKN-KIS. Mulai dari aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), bahkan bisa juga melalui direct message di media sosial resmi BPJS Kesehatan,” kata Iqbal, Rabu (09/03), dikutip dari laman bpjs-kesehatan.go.id (10/03/2022).

Baca Juga: 60 Jam Tenggalam di Bawah Laut, Juru Masak Ini Dietmukan Hidup

Cara mudah untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan adalah dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Cara ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Berikut ini enam cara mengecek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP: