Find Us On Social Media :

Viral Kuliner Nasi Minyak, Hati-hati Kolesterol Tinggi Hingga Stroke

Konsumsi minyak berlebih dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

GridHEALTH.id - Media sosial sedang dihebohkan oleh kuliner viral dari Kota Surabaya, Jawa Timur, yang bernama nasi minyak.

Nasi minyak bukan nama asli dari makanan tersebut. Hanya saja, sebuah julukan yang diberikan oleh para pelanggan karena jumlah minyak yang banyak dalam satu porsi penyajian.

Pasalnya, oleh pedangang kaki lima tersebut minyak jelantah yang sudah digunakan untuk menggoreng bebek, dituangkan ke bumbu dan sambalnya.

Ditambahkannya minyak panas pada sambal dan juga bumbu, dimaksudkan untuk meningkatkan kelezatannya.

Peminatnya cukup banyak, ini terlihat dari antrean orang-orang yang mengular di dekat gerobak sang pedagang.

Efek Nasi Minyak Bagi Kesehatan

Setelah videonya beredar luas, kuliner ini dikaitkan dengan masalah kesehatan dislipidemia alias kolesterol tinggi.

Dokter spesialis gizi klinik dr Raissa Edwina Djuanda, M.Gizi, Sp.GK, dari RS Pondok Indah-Puri Indah mengatakan, kolesterol tinggi memang bisa terjadi jika mengonsumsi minyak atau lemak berlebih.

"Jadi memang benar, kalau konsumsi terlalu banyak minyak, risiko bisa dislipidemia atau kolesterolnya naik," ujarnya saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023).

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi makanan seperti ini karena dapat meningkatkan risiko penyakit serius, seperti jantung dan stroke.

Orang yang penyintasg diabetes pun, selain gula darah juga perlu memerhatikan kolesterol.

"Orang-orang yang diabetes dan ada kolesterol pun disarankan, kolesterolnya harus diturunkan sampai kadarnya normal. Kalau didiamkan, tahu-tahu pembuluh darah pecah," jelas dokter Raissa.

Baca Juga: Menu Wajib Bagi Penyintas Kolesterol Tinggi, LDL Langsung Turun