Find Us On Social Media :

Jika Mengalami Sakit Kepala Vertigo? Pijat Bagian Tubuh Ini, Segar Rasanya

Merasakan pusing yang berputar-putar, menjadi ciri khas vertigo. Redakan gejala dengan memijat beberapa titik pijat vertigo berikut ini.

GridHEALTH.id – Merasakan sakit kepala yang berputar-putar menjadi ciri khas orang dengan vertigo, yang sebaiknya tidak diabaikan.

Saat gejala menyerang, cobalah pertolongan pertama dengan memijat beberapa titik pijat vertigo berikut ini, juga sebagai salah satu langkah pencegahan. Jangan tunggu sampai parah.

Apa Itu Vertigo?

Vertigo merupakan suatu jenis keluhan yang perlu diperhatikan karena bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain yang lebih serius terkait dengan kelainan otak, batang otak, otak kecil, dan alat keseimbangan tubuh.

Kondisi ini dapat terjadi akibat gangguan aliran darah, inflamasi, atau infeksi. Bila tidak mendapat penanganan yang tepat bisa mengancam jiwa, kecacatan, atau penurunan kualitas hidup.

Keluhan dari vertigo adalah adanya sensasi pusing, seolah-olah semua benda di sekitarnya berputar, dalam kondisi yang lebih ringan, bisa seperti orang mabuk laut. Gejala ini dapat datang dan pergi dengan cepat, dapat juga terasa salama beberapa saat atau lebih lama sampai berhari-hari.

Penyebab Vertigo

Ada dua jenis vertigo yang dibedakan berdasarkan sumber masalah yang memicu vertigo, antara lain:

- Vertigo peripheral (disebabkan oleh adanya gangguan pada bagian dalam telinga yang mengendalikan keseimbangan perifer, disebut labirin dengan kanal semisirkularis dan saraf vestibularis)

- Vertigo sentral (disebabkan oleh masalah pada otak, terutama pada bagian batang otak atau otak kecil alias serebelum).

Titik Pijat Vertigo

1. Titik Baihui

Lokasi: Titik pijat vertigo baihui ada di puncak kepala atau di persimpangan garis tengah di puncak denga garis yang menghubungkan kedua ujung telinga. Cobalah pijat selama 3-5 menit.

Manfaat: Titik ini menjadi titik utama untuk mengobati pusing, termasuk vertigo dan cocok untuk insomnia, pelupa, stroke, psikosis, epilepsi, diare berkepanjangan, dan berbagai macam sakit kepala.

2. Titik Tinggong