Find Us On Social Media :

Cagukan Bisa Disebabkan Penyakit Berikut Ini, Berikut Cara Pemeriksaan dan Obatnya

Mengatasi cegukan ringan bisa dengan minu. Tapi yang alam, bisa membutuhkan obat medis.

GridHEALTH.id - Cegukan atau singultus adalah kontraksi pada otot diafragma (otot yang membatasi dada dan perut) yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disadari.

Diafragma merupakan organ tubuh yang berbentuk lembaran otot besar di bawah paru-paru dan bergerak bersama otot interkostal saat kita bernapas.

Cegukan ada yang sesekali ada yang sering - terus menerus. Nah, yang terus menerus atau berkepanjangan dapat berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Hal ini dapat disebabkan karena adanya gejala gangguan kesehatan. Di sisi lain, data dari Rare Diseases Database menemukan bahwa cegukan lebih banyak diderita oleh laki-laki dibandingkan perempuan.

Intinya cegukan yang muncul disertai sauara ‘hik’ bukanlah masuk angin dan bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Baca Juga: Pengobatan Alami untuk Atasi Tekanan Darah Rendah, Perhatikan Gejalanya!

Penyebab Cegukan

Bisa disebabkan oleh makan atau minum terlalu cepat dan banyak, mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol dan bersoda, merokok, stroke, tumor otak, mengonsumsi obat-obatan tertentu, baru saja menjalani operasi di daerah perut, dan mengalami kelainan yang mengiritasi saraf pada otot diafragma, menelan terlalu banyak udara (aerophagia), mengalami perubahan suhu secara tiba-tiba, merasa gugup, terlalu bersemangat, atau stres.

Sedangkan cegukan yang berlangsung selama lebih dari 2 (dua) hari dapat dipicu oleh :

* Gangguan sistem pencernaan, seperti gastritis, tukak lambung, pankreatitis, kanker pankreas, kanker lambung, penyakit radang usus, penyumbatan usus, atau hepatitis.

* Gangguan metabolik, seperti kecanduan alkohol, diabetes, atau gangguan elektrolit.

* Gangguan ginjal, seperti gagal ginjal kronis.

Baca Juga: Pilihan Obat Kurap yang Menghitam di Apotek, Lengkap dengan Harga Terbaru