Find Us On Social Media :

Menghilangkan Bekas Kurap yang Menghitam, Lakukan 2 Perawatan Ini!

Bekas luka kurap yang menghitam biasanya dialami oleh orang berkulit gelap.

GridHEALTH.id - Setelah gatal-gatal akibat kurap hilang pasca pengobatan menggunakan obat anti jamur, bukan berarti masalah selesai begitu saja.

Pada beberapa orang, kurap yang sudah sembuh mungkin akan meninggalkan bekas luka.

Bekas luka kurap umumnya memiliki warna yang sedikit lebih gelap dibandingkan warna kulit dan cenderung datar.

Apa Penyebab Munculnya Bekas Luka?

Melansir Right Home Remedies, munculnya dark spot pada kulit setelah kurap sembuh disebut juga dengan nama hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Ini normal terjadi setelah luka yang disebabkan oleh peradangan sembuh. Umumnya dialami oleh orang-orang yang memiliki kulit lebih gelap.

Meski begitu, biasanya warna yang menghitam ini hanya terjadi di area kulit yang ditumbuhi jamur saja, misalnya kuku atau telinga.

Bekasnya tidak berbahaya dan akan memudar seiring waktu. Tapi, ini mungkin akan mengganggu penampilan.

Cara Menghilangkan Bekas Kurap

Dilansir dari Healthline, untungnya ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk meminimalkan bekasnya, di antaranya berikut:

1. Dermabrasi

Prosedur kosmetik yang dilakukan dengan tujuan untuk menghaluskan bekas luka atau kulit yang berubah warna. Alat yang dipakai akan digosokkan ke lapisan terluar kulit.

Hasilnya mungkin baru akan terlihat setelah 3 bulan perawatan dilakukan, tapi tekstur kulit nantinya akan lebih halus dan merata.

2. Terapi laser

Terapi laser dilakukan dengan memaparkan cahaya yang intens ke kulit, dengan tujuan untuk menghilangkan lapisan luarnya.

Baca Juga: Kenali 5 Ciri-ciri Kurap Akan Sembuh, Kondisi Kulit Jadi Seperti Ini