Find Us On Social Media :

Legakan Hidung Tersumbat dan Sinus dengan Titik Pijatan pada Bagian Tubuh Ini

Kenali berikut ini beberapa titik pijat flu dan sinus yang bisa dicoba untuk meredakan gejalanya.

GridHEALTH.id –  Mengalami flu dan sinus tentu gejala utama yang dirasakan adalah gangguan pada bagian hidung hingga membuat seseorang sulit untuk bernapas. Kondisi ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi seseorang.

Ada beragam cara untuk bisa meredakan gejala flu dan sinus ini, salah satunya cobalah memijat beberapa titik pijat flu dan sinus yang diulas berikut ini. Ketahui juga kapan harus ke dokter.

Gejala Flu dan Sinus

Flu berbeda dengan sinus, di mana umumnya seseorang yang mengalami flu akan membaik dengan sendirinya dalam 10 hari atau kurang.

Beberapa gejala flu yang bisa dikenali saat seseorang mengalami flu berat, yaitu sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, hidung tersumbat, penumpukan lendir, bersin, kelelahan sinus yang bengkak, dan demam, khususnya pada anak.

Sedikit berbeda dengan flu, sinus merupakan kondisi adanya infeksi pada bagian sinus dan lebih sulit untuk dihilangkan.

Beberapa gejala sinus yang perlu diperhatikan oleh seseorang adalah batuk, demam, bau mulut, sakit kepala yang memburuk, lendir kuning atau hijau tebal mengalir dari hidung ke bagian belakang tenggorokan, kelelahan, penurunan kemampuan indra penciuman, tekanan sinus di belakang mata dan pipi.

Penyebab Flu dan Sinus

Biasanya flu disebabkan oleh virus, sedangkan sinus bisa disebabkan oleh infeksi akibat virus, bakteri, atau bahkan alergi yang berada pada bagian sinus dan membuat sumber infeksi ini tetap di sana dan tumbuh.

Titik Pijat Flu dan Sinus

Saat mengalami flu dan sinus, berdasarkan pengobatan tradisional Cina (TCM) berikut ini beberapa titik pijat flu dan sinus, yaitu:

1. Titik Bitong

Titik pijat ini disebut-sebut menjadi titik yang berkaitan dengan saluran hidung, yang terletak di wajah tepatnya di dekat daun hidung.

Manfaat memijat titik ini adalah untuk meredakan gejala rinitis alergi, rinitis hipertrofi, rinitis atrofi, sinusitis paranasal, polip hidung, mata belekan, pilek, dan sakit kepala.

2. Titik Yintang