Find Us On Social Media :

Perhatikan Hal Ini Untuk Cegah KIPI Setelah Vaksin Booster Kedua

Simak gejala KIPI yang mungkin terjadi setelah vaksinasi booster kedua berikut ini.

GridHEALTH.id – Pandemi Covid-19 belum bisa dinyatakan benar-benar berakhir, jika setiap negara tidak melakukan enam hal yang disebutkan oleh WHO.

Salah satunya adalah terkait kelengkapan vaksinasi Covid-19 bagi semua orang. Indonesia sendiri per hari ini (24/01/2023) secara resmi mengadakan vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum.

Namun, setiap melakukan vaksinasi, tidak menutup kemungkinan seseorang mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang berbeda-beda, termasuk pada vaksin booster kedua. Untuk mempersiapkannya berikut ini hal yang perlu dilakukan pasca vaksinasi booster kedua.

Vaksin Booster Kedua Untuk Masyarakat

Pada hari Sabtu (21/01/2023) Kemenkes melalui keterangan persnya menyebutkan sudah membuka program vaksin booster kedua atau vaksinasi keempat untuk masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun.

Tujuannya adalah untuk mempercepat vaksinasi sekaligus meningkatkan proteksi masyarakat Indonesia dari COVID-19.

Aturan mengenai vaksinasi booster kedua ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 Tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi kelompok Masyarakat Umum, yang ditetapkan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit Pada 20 Januari 2023.

Maka dari itu, pemerintah mengimbau untuk masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi booster pertama lebih dari enam bulan dan atau yang sudah mendapatkan undangan vaksin di PeduliLindungi bisa segera melakukan vaksinasi booster kedua. Pelaksanaan vaksin ada di fasilitas layanan kesehatan.

Selain itu Kemenkes melalui Juru Bicaranya, dr. Syahril mengimbau masyarakat untuk bisa segera melengkapi vaksinasi sebagai upaya proteksi diri, karena Covid-19 tetap menyebabkan kematian meski jumlahnya sedikit untuk saat ini.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang memang belum divaksinasi ataupun vaksinasinya belum lengkap, agar secepatnya dilengkapi. Jangan menunda dan jangan pilih-pilih vaksin, karena vaksinasi terbaik adalah vaksinasi yang dilakukan sekarang juga,” ujar dr. Syahril dalam keterangan pers Kemenkes.

4 Hal yang Harus Dilakukan Pasca Vaksinasi Booster Kedua Untuk Cegah KIPI

Reaksi yang bervariatif pada setiap individu yang telah divaksin memang mungkin terjadi, oleh karena itu untuk bisa memberikan pemantauan yang baik serta terjaganya kesehatan masyarakat pasca vaksinasi maka ada  hal-hal yang harus dilakukan.

Berikut ini 4 hal yang harus dilakukan pasca vaksinasi booster kedua untuk cegah KIPI, yaitu:

Baca Juga: Catat, Ini 8 Jenis Vaksin Covid-19 untuk Booster Kedua dan KIPI-nya