Find Us On Social Media :

11 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan yang Tak Terduga, Bukan Cuma Pedas!

Kenali 11 manfaat cabai untuk kesehatan, bukan cuma pedas.

GridHEALTH.id – Makanan Indonesia identik dengan kaya rempah dan bumbu di dalamnya. Cita rasa yang pedas juga menjadi salah satu andalan berbagai macam masakan Indonesia.

Hal ini yang juga menyebabkan masyarakat Indonesia terbiasa untuk konsumsi makanan pedas yang berasal dari cabai. Simak ulasan lengkapnya berikut ini terkait kandungan dan manfaat cabai untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Kandungan Cabai

Indonesia memiliki beragam varietas cabai dengan ciri dan potensi yang dihasilkan. Namun secara umum cabai memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, beragam vitamin A, B1, B6, K6, C, dan mineral.

Kandungan vitamin C cabai yang tinggi menghasilkan antioksidan yang baik untuk menguatkan imun tubuh. Selain itu kandungan vitamin B6 dalam cabai juga memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh.

Vitamin K6 dalam cabai bahkan disebut berpengaruh pada pembekuan darah, kesehatan tulang dan ginjal. Sedangkan kandungan vitamin A pada cabai ditemukan dalam bentuk beta karoten, yang saat masuk ke dalam tubuh diubah menjadi vitamin A.

Potasium dalam cabai juga mengurangi risiko penyakit jantung, ada juga kandungan lain seperti carotenoids antioksidan yang tinggi dan berguna untuk berbagai macam kesehatan tubuh.

Rasa pedas dari cabai juga berasal dari capsaicin, di mana selain pedas kandungan ini juga memberikan manfaat untuk mengurangi berbagai penyakit, seperti gangguan serabut saraf, rasa sakit akibat radang sendi, psoriasis, dan neuropati diabetes.

Kandungan-kandungan inilah yang menyebabkan cabai memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Bukan hanya menciptakan sensasi rasa pedas, lebih dari itu berikut ini manfaat cabai yang dapat dirasakan, yaitu:

1. Meningkatkan metabolisme

Manfaat cabai yang pertama adalah meningkatkan metabolisme, secara khusus pada cabai rawit yang dapat menstimulasi sistem pencernaan dalam tubuh dengan meningkatnya produksi enzim dan asam lambung.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Tak Sengaja Telan Biji Cabai Sebabkan Usus Buntu?

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin B2 pada cabai disebut bagus untuk menjaga kesehatan mata, khasiat ini serupa dengan manfaat wortel. Akan tetapi tetap perlu memperhatikan takaran dalam mengonsumsinya.

3. Mengatasi sakit kepala

Manfaat cabai lainnya untuk kesehatan adalah mengatasi sakit kepala, karena di dalamnya mengandung komponen yang disebut capsaicin yang dapat memberikan sensasi pedas. Dengan demikian saat sakit kepala, mengonsumsi makanan pedas dapat meredakannya, ditandai dengan keluarnya lendir pada hidung.