Find Us On Social Media :

Telapak Tangan Keringetan, Apakah Benar Tanda Penyakit Jantung?

Tangan berkeringat menjadi salah satu tanda penyakit jantung? Simak 11 tanda penyakit jantung berikut ini.

GridHEALTH.id - Penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia dan tercatat sebagai penyakit dengan beban biaya terbesar.

Apakah telapak tangan keringetan menjadi tanda penyakit jantung? Sebelum terlambat menyadari, berikut ini setidaknya 11 tandanya yang perlu diperhatikan!

Tanda Penyakit Jantung

Ada beragam jenis penyakit jantung yang mungkin diderita seseorang, namun yang pasti semua orang perlu mengetahui tanda penyakit jantung agar mencegah komplikasi. Setidaknya perhatikan 11 kondisi ini yang bisa mengindikasikan tanda penyakit jantung:

1. Nyeri dada

Nyeri dada bisa menjadi tanda klasik penyakit jantung, namun bagi siapa pun yang merasa nyeri dada disertai kondisi tubuh yang tidak sehat maka sebaiknya segera ke rumah sakit.

Nyeri dada pada saat serangan jantung pun akan terasa berbeda, di mana pasien umumnya menggambarkan nyeri dada ini sebagai sesuatu yang amat menusuk dan menyakitkan. Berbeda dengan nyeri dada yang mengindikasikan angina.

Baca Juga: Viral Konten Mandi Lumpur Sampai Go Internasional, Padahal Memiliki Bahaya Kesehatan yang Bisa Mengancam Tubuh

2. Merasa sakit

Jika seseorang merasakan nyeri dada yang hebat meski saat sedang duduk dan berdiam diri, disertai dengan perasaan sakit atau tidak enak badan, seperti merasa mual, maka seseorang perlu datang memeriksakan diri karena bisa menjadi tanda penyakit jantung.

3. Sakit perut atau gangguan pencernaan

Tanda penyakit jantung lainnya juga bisa dirasakan pada pencernaan yang terasa nyeri hingga sensasi terbakar di perut atau dada. Hal ini karena jantung, kerongkongan, dan perut lokasinya berdekatan sehingga saling memengaruhi.

4. Berkeringat

Berkeringat setelah olahraga adalah hal yang wajar, namun merasa panas dan berkeringat disertai dengan nyeri dada adalah tanda penyakit jantung, serta perlu mendapatkan penanganan segera.

5. Sakit pada kaki

Merasakan sensasi mencekam dan kram di betis saat berjalan perlu hati-hati, karena ada kemungkinan menjadi tanda penyakit arteri perifer (PAD), yang paling banyak menyerang perokok dan orang yang menderita diabetes.

6. Nyeri lengan

Rasa sakit yang menjalar ke lengan, khususnya sebelah kiri atau ke leher, maka lebih mungkin itu menjadi tanda penyakit jantung dan bukan tanda dari gangguan pencernaan.

Baca Juga: Bayi Juga Berisiko Terkena Kurap, Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya