Find Us On Social Media :

Cara Mengatasi Ketombe dan Kulit Kepala Berminyak dari Rumah

Berikut ini cara mengatasi ketombe berminyak.

GridHEALTH.id – Banyak orang memahami ketombe adalah masalah rambut yang ditandai dengan munculnya serpihan putih di daerah kepala, rambut, hingga ke bahu.

Ternyata selain jenis ketombe yang seperti itu, ada pula ketombe yang terlihat lebih berminyak. Kenali lebih jauh jenis ketombe ini dan cara mengatasi ketombe berminyak.

Kondisi Ketombe Berminyak

Kulit kepala seseorang ada yang sedikit lebih berminyak, kondisi ini tidak selalu buruk karena minyak (sebum) membantu melindungi dan mendukung kesehatan rambut.

Akan tetapi kulit kepala rambut yang berminyak bisa menjadi bermasalah jika selalu terasa berminyak atau kotor. Kondisi ini seringkali juga terjadi bersamaan dengan gejala lain yang bisa saja merupakan tanda kelainan kulit.

Ketombe berminyak umumnya disebut juga dermatitis seboroik, yaitu kondisi yang mengiritasi dan membuat kulit kepala meradang hingga memproduksi sel-sel kulit secara berlebih di area kulit kepala tertentu dan memproduksi sebum berlebihan, yang menyebabkan pengelupasan kulit kepala. Ini tergolong bukan kondisi yang serius.

Gejala Ketombe Berminyak

Ketombe berminyak dapat terlihat dari gejalanya yang menunjukkan adanya area kulit berwarna merah muda dan bersisik, berkembang di area dengan banyak kelenjar minyaknya, termasuk pada kulit kepala.

Secara spesifik, ketombe ada yang terlihat kering dan umumnya ini berwarna putih dan biasanya keluar dari kulit kepala hingga muncul di pundak seseorang.

Akan tetapi untuk ketombe berminyak, gejalanya dapat tampak lebih berwarna kuning dan menempel di kulit kepala. Bisa juga disertai dengan rasa nyeri dan gatal. Pada kasus ekstrim, kondisi ini dapat melampaui garis rambut dan ked ahi, hingga bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Penyebab Ketombe Berminyak

Penyebab ketombe berminyak ini bisa menjadi tanda dari reaksi alergi, seperti pada bahan kimia dalam produk rambut hingga sensitivitas cahaya. Pemicu lainnya juga bisa berasal dari adanya autoimun.

Ada juga yang disebabkan oleh ragi yang disebut Malassezia furfur, yang merupakan bagian dari flora kulit normal.

Mengatasi Ketombe Berminyak

Perawatan di rumah seringkali sudah dapat mengobati dan mengatasi ketombe berminyak. Berikut ini beberapa cara mengatasi ketombe berminyak:

Baca Juga: Ini Rekomendasi 4 Shampo Antiketombe yang Populer Digunakan!

1. Gunakan scrub kulit kepala

Menggunakan scrub kulit kepala adalah cara mengatasi masalah kulit kepala yang higenis, khususnya untuk mengatasi ketombe berminyak. Hal ini karena scrub dapat menghilangkan minyak dan kulit berlebih dengan cara pengelupasan, tentu dengan tetap menjaga tingkat kelembapan yang sehat.