Find Us On Social Media :

Pilih Childfree alias Tak Mau Punya Anak adalah Hak, Tanggung Sendiri Risiko Ini

Childfree bukan pilihan sehat. Ini aneka risikonya yang harus siap dihadapi.

GridHEALTH.id - Paham Childfree kini mendadak menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Meski bukan paham baru, namun gegera Youtuber Gita Savitri Devi, paham ini jadi disorot oleh banyak pasang mata warganet Indonesia.

Katanya menurut yang menganut paham Childfree, salah satunya Gita Savitri Devi, wanita bisa menjadi awet muda dan cantik.

Tapi pakah benar seperti itu? Sebab fitrahnya wanita normal bisa hamil, melahirkan.

Dari kaca mata kesehatan, paham childfree walau hak bagi siapa saja yang memilih dan menganutnya, tapi ada yang harus dicamkan baik-baik.

Wanita subur, apalagi telah menikah, dan memilih childfree mempuyai risiko mengalami kanker.

Baca Juga: 7 Jenis Buah yang Dilarang Untuk Penyakit Jantung, Jangan Disepelekan

Risiko Childfree Bagi Wanita

Ketahuilah, melansir artikel di cancer.org dan beberapa pernyataan pakar kesehatan di berbagai media, childfree ternyata mengandung risiko tersendiri yang harus diperhatikan, terutama bagi perempuan.

Kanker rahim akan lebih mudah menyerang perempuan yang tidak pernah memiliki anak, atau yang memiliki anak pertama di usia 35 tahun.

Ternyata tidak hanya kanker rahim, wanita yang memilih childfree pun menurut artikel SehatQ, kanker payudara juga sangat mudah menyerang perempuan yang tidak pernah melahirkan.

Jadi siapa bilang, dengan pilihan hidup childfree wanita bisa lebih baik soal keuangannya? Coba pikirkan, jika sampai mengalami dua penyakit di atas, tentu membutuhkan biaya tidak seidkit untuk mengobatinya.

Childfree Bukan Pilhan Sehat

Tak hanya sampai di situ, childfree menurut Menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, merupakan plohan hidup yang tidak baik.

Baca Juga: 10 Hari Tidak Enak Badan, Jam 2 Pagi Ashanty Sesak Napas, Langsung Dilarikan ke Rumah Sakit, Ini Diagnosanya