Find Us On Social Media :

5 Jenis Obat Asam Lambung Alami yang Aman Dikonsumsi Saat Puasa

Jus lidah buaya dapat mengurangi gejala asam lambung naik.

GridHEALTH.id - Asam lambung yang kambuh meninggalkan perasaan tidak nyaman, terutama bila terjadi saat sedang berpuasa.

Tak hanya itu, penyintas penyakit ini pun juga akan merasakan beberapa gejala lain seperti sakit tenggorokan, sakit perut, bau mulut, hingga mual.

Mengutip Healthline, asam lambung pada dasarnya merupakan cairan yang tidak berwarna dan diproduksi oleh lapisan lambung.

Tujuannya untuk membantu memecah makanan agar proses pencernaan berjalan lebih mudah. Sehingga, tubuh pun dapat menyerap nutrisi dengan maksimal.

Cairan ini seharusnya tetap berada di dalam perut. Akan tetapi, pada kondisi tertentu otot kerongkongan bagian bawah (LES) melemah dan tidak menutup.

Sehingga, posisinya tetap terbuka dan asam lambung pun akan naik kembali ke kerongkongan.

Bahan Alami Obat Asam Lambung

Oleh karena itu, untuk mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi akibat gejala yang timbul, dibutuhkan obat.

Obat asam lambung alami berikut bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan dan sekaligus juga aman dikonsumsi saat puasa.

1. Buah pisang

Melansir laman Rumah Sakit Hermina, buah pisang merupakan salah satu bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat asam lambung.

Pisang cukup aman untuk perut karena mempunyai sifat alkaline atau basa. Selain itu, buah ini juga dapat menyeimbangkan kadar asam lambung sehigga gejalanya mereda.

2. Melon

Apabila sering mengalami asam lambung kambuh saat puasa, cobalah mengonsumsi buah lemon saat makan sahur.

Baca Juga: Kelelahan dan Banyak Pikiran Bisa Bikin Asam Lambung Kambuh, Benarkah?