Find Us On Social Media :

Mencegah Stunting dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Anak, Ini Faktanya!

Pemberian ASI eksklusif penting dilakukan hingga usia 6 bulan untuk mencegah stunting.

GridHEALTH.id - Mencegah stunting dapat dilakukan dengan berbagai cara dan orangtua perlu mengupayakan hal ini.

Stunting dikaitkan dengan asupan gizi yang kurang dalam jangka waktu panjang, mulai saat masih ada dalam rahim hingga usia dini.

Kondisi ini mengakibatkan anak mengalami gagal tumbuh. Tidak hanya memengaruhi tinggi badannya, tapi juga kemampuan motorik dan sensoriknya.

Tak sampai di situ saja, ada juga efek jangka panjang yang membuat anak rentan mengalami penyakit degeneratif saat usianya sudah dewasa.

Memberi ASI Eksklusif

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orangtua khususnya ibu dalam mencegah stunting adalah dengan melakukan pemberian air susu ibu (ASI) dari usia 0-6 bulan.

Langkah pencegahan dengan memberikan ASI eksklusif kepada anak ini, juga direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF.

Melansir laman Universitas Airlangga, alasan mengapa ASI dapat mengurangi risiko stunting pada anak karena kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh buah hati.

Jika tidak mendapatkan ASI yang eksklusif selama 6 bulan, maka bayi berisiko kehilangan nutrisi penting yang bisa menjadi penghambat tumbuh kembangnya.

Berdasarkan hasil riset, anak balita yang tidak mendapatkan insiasi menyusui dini mempunyai risiko 1,3 kali lebih besar mengalami stunting.

Sedangkan pada anak yang menerima ASI eksklusif, risikonya 9,3 kali lebih rendah untuk mengalami kondisi ini dibandingkan yang tidak memperolehnya.

Perlu diingat, bahwa pemberian ASI yang baik perlu dilakukan hingga anak berusia 2 tahun.

Baca Juga: Pada Usia Berapa Stunting Terjadi pada Anak? Simak Penjelasannya!