Find Us On Social Media :

Mana yang Lebih Baik dan Sehat, Jus Sayuran atau Jus Buah?

Jus buah atau jus sayur mana yang lebih baik dan sehat?

GridHEALTH.id - Jus buah dan jus sayuran menjadi populer sebagai minuman sehat yang memberikan banyak nutrisi dan manfaat bagi tubuh.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah mana yang lebih baik dan sehat antara jus sayuran dan jus buah?

Di bawah ini adalah pembahasan akan perbedaan antara kedua jenis jus ini, mengeksplorasi kelebihan dan kekurangannya, serta membantu Anda memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Manfaat Jus Buah

Jus buah kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat jus buah:

1. Kaya akan Vitamin C

Jus buah, seperti jeruk, stroberi, dan anggur, mengandung vitamin C yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan melawan radikal bebas.

2. Tinggi Serat

Beberapa buah, seperti apel dan pir, mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Namun, saat dibuat menjadi jus, serat mungkin sedikit berkurang karena proses penyaringan.

3. Antioksidan yang Kuat

Buah-buahan mengandung antioksidan seperti likopen (ditemukan dalam tomat), antosianin (ditemukan dalam beri), dan flavonoid (ditemukan dalam jeruk), yang membantu melawan stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh.

Manfaat Jus Sayuran

Jus sayuran juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaat jus sayuran:

1. Kaya akan Nutrisi

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan selada romaine kaya akan vitamin A, vitamin K, folat, dan zat besi. Jus sayuran dapat menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan nutrisi ini dengan cepat.

2. Rendah Gula

Jus sayuran umumnya lebih rendah gula dibandingkan jus buah, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin mengontrol asupan gula.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Jus Tomat di Pagi Hari Efektif Merontokkan Kolesterol