Find Us On Social Media :

Mengantuk di Pagi Hari: Apakah Itu Masalah Kesehatan yang Perlu Diperhatikan?

Mengantuk di pagi hari bisa jadi merupakan masalah kesehatan.

GridHEALTH.id - Pernahkah Anda merasa mengantuk di pagi hari setelah tidur yang cukup? Jika ya, Anda tidak sendirian.

Sensasi mengantuk di pagi hari adalah pengalaman umum bagi banyak orang. Namun, apakah mengantuk di pagi hari merupakan masalah kesehatan yang perlu diperhatikan?

Berikut pembahasan mengenai faktor-faktor yang menyebabkan mengantuk di pagi hari dan apakah itu dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Penyebab Mengantuk di Pagi Hari

1. Kurang Tidur

Salah satu penyebab utama mengantuk di pagi hari adalah kurang tidur. Banyak orang dewasa mengalami kekurangan tidur karena gaya hidup yang sibuk, pekerjaan, atau kebiasaan begadang.

Kurang tidur dapat menyebabkan akumulasi kelelahan dan membuat tubuh tidak cukup bugar saat bangun tidur.

Jika mengantuk di pagi hari hanya terjadi sesekali dan terkait dengan kurang tidur, maka biasanya tidak menjadi masalah kesehatan serius.

2. Gangguan Tidur

Mengantuk di pagi hari juga bisa menjadi gejala dari gangguan tidur yang lebih serius.

Salah satu contohnya adalah sleep apnea, yaitu gangguan di mana pernapasan terhenti secara periodik saat tidur.

Sleep apnea dapat mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan mengantuk berlebihan di pagi hari. Selain itu, gangguan tidur lain seperti insomnia, sindrom kaki gelisah, atau tidur yang tidak nyenyak juga dapat menyebabkan mengantuk di pagi hari.

3. Gangguan Sirkadian

Sirkadian adalah ritme biologis internal yang mengatur tidur dan bangun kita. Gangguan sirkadian, seperti pergeseran zona waktu akibat perjalanan jarak jauh (jet lag) atau bekerja dalam jadwal kerja bergantian (shift work), dapat mempengaruhi kualitas tidur dan membuat kita merasa sangat mengantuk di pagi hari.

Gangguan sirkadian dapat mengganggu ritme tidur alami kita, membuat kita sulit untuk tidur pada waktu yang diinginkan dan bangun di pagi hari dengan perasaan segar.

Baca Juga: Benarkah Tidur dengan Posisi Rambut Basah Bisa Sebabkan Flu dan Sakit Kepala?