Find Us On Social Media :

Mengatasi Triple Burden of Malnutrition: Tantangan Kesehatan dan Solusi Berkelanjutan

Triple Burden of Malnutrition menjadi ancaman serius bagi pembangunan negara.

GridHEALTH.id - Triple burden of malnutrition adalah sebuah fenomena yang semakin memprihatinkan di banyak negara di seluruh dunia.

Berikut di bawah ini penjelasan apa itu triple burden of malnutrition, mencakupi definisi, penyebab, dampak, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi tantangan ini.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang triple burden of malnutrition, diharapkan kita dapat bekerja sama dalam mengurangi dampak buruknya dan meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Definisi Apa Itu Triple Burden of Malnutrition

Triple burden of malnutrition adalah mengacu pada kondisi yang terjadi ketika tiga bentuk malnutrisi, yaitu malnutrisi kurang gizi (undernutrition), kelebihan gizi atau kelebihan berat badan (overnutrition), dan defisiensi mikronutrien (micronutrient deficiency).

Itu terjadi secara bersamaan dalam suatu populasi, bahkan dalam keluarga atau individu yang sama.

Fenomena ini melibatkan ketidakseimbangan gizi yang kompleks dan merupakan tantangan kesehatan global.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, saat ini Indonesia mempunyai tiga beban masalah gizi (triple burden) yaitu stunting, wasting dan obesitas serta kekurangan zat gizi mikro seperti anemia.

Data Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa 25,7% remaja usia 13-15 tahun dan 26,9% remaja usia 16-18 tahun dengan status gizi pendek dan sangat pendek.

Malnutrisi kurang gizi terjadi ketika seseorang tidak memperoleh asupan gizi yang memadai, seperti protein, energi, vitamin, dan mineral dan ini bisa menyebabkan stunting.

Sementara itu, kelebihan gizi terjadi ketika asupan kalori dan nutrisi berlebihan, terutama yang terkait dengan pola makan yang tidak sehat dan kebiasaan hidup yang tidak aktif.

Defisiensi mikronutrien melibatkan kekurangan vitamin dan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh untuk fungsi yang optimal.

Baca Juga: Wajib Tahu 4 Pelayanan Stunting dari Pemerintah Bagi Remaja Hingga Balita