Find Us On Social Media :

Olahraga Apa yang Tepat dan Aman Bagi Penderita Asam Lambung? Berikut Penjelasannya

Berenang termasuk olahraga asam lambung yang mencegah kekambuhan.

GridHEALTH.id - Olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya dengan nyaman.

Bagi penderita asam lambung misalnya, aktivitas fisik bagaikan pisau bermata dua.

Kegiatan ini memang dapat membantu memangkas berat badan berlebih yang jadi pemicu refluks asam.

Akan tetapi, beberapa jenis olahraga justru dapat membuat gejala asam lambung menjadi semakin parah.

Olahraga dan Risiko Kekambuhan Asam Lambung

Melansir Orlando Health, olahraga ringan adalah yang bermanfaat bagi penderita penyakit ini, karena dapat membantu menurunkan berat badan. 

Pasalnya, berat badan berlebih akan memberikan lebih banyak tekanan pada otot bawah kerongkongan atau sfingter, sehingga membuatnya tidak berfungsi dengan baik.

Sebuah studi di jurnal Neurogastroenterology & Motility menemukan, menurukan berat badan atau mengurangi lingkar pinggang membantu meringankan gejala asam lambung.

Tapi, efeknya akan berbeda jika olahraga yang dilakukan banyak menggunakan otot perut, ini akan menimbulkan tekanan dan mungkin membuat refluks asam memburuk.

Karena, kegiatan apapun yang memberikan tekanan pada perut akan membuat otot sfingter melemah, sehingga isi perut bisa naik ke kerongkongan.

Olahraga untuk Penderita Asam Lambung

Oleh karena itu, sangat perlu memilih jenis olahraga asam lambung yang tepat untuk menghindari kekambuhan. Di antaranya yaitu berikut ini.

1. Bersepeda

Dilansir dari laman Tampabay Reflux Center, bersepeda dengan tingkat kecepatan yang tinggi dapat memicu kemunculan gejalanya.

Baca Juga: 5 Ramuan Herbal Penurun Asam Lambung Mudah Dibuat di Rumah, Sudah Coba?