Find Us On Social Media :

Pasca Pandemi Belanja Online Masih Diminati, Fitur Ini Permudah Belanja Kebutuhan Sehari-hari

Tren belanja online masih tinggi setelah pandemi Covid-19.

GridHEALTH.id - Kegiatan belanja online semakin sering dilakukan oleh masyarakat.

Tren ini mengalami peningkatan saat pandemi Covid-19 terjadi, di mana semua orang diminta untuk tetap berada di rumah.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau groceries, masyarakat pun akhirnya memutuskan untuk mencari dan membeli barang yang dibutuhkan secara online.

Tiga tahun sejak pandemi Covid-19, menurut Rusdy Sumantri Consumer Insights Director NielsenIQ Indonesia, tren belanja online masih cukup tinggi.

Tipe-tipe Konsumen Belanja Online

"Selama pandemi ini membuat masyarakat terekspos dengan digital, dari profiling konsumen, (kami) menemukan hal yang baru," ujar Rusdy dalam peluncuran kampanye Bliblimart 'Dihitung-hitung Pasti Untung', Kamis (22/6/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan terdapat 5 segmen tipe konsumen yang melakukan belanja online.

1. Konsumen yang loyal, sehingga hanya berbelanja pada satu toko tertentu saja

2. Konsumen yang mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi, sehingga selalu memerhatikan komposisi bahan dari porduk yang akan dibeli

3. Tipe pembeli yang tidak mempunyai planning apapun tentang barang yang akan dibeli

4. Digital bargain hunter, biasanya sebelum membeli barang tipe konsumen ini akan mencari informasi lebih lanjut tentang barang incarannya untuk memastikan produk yang baik

5. Konsumen yang selalu mencari promo

Baca Juga: Benarkah Terlalu Banyak Olahraga Sebabkan Kemandulan pada Wanita?

Fitur Memudahkan Belanja Online

Fransisca Krisantia Nugraha, EVP Consumer Goods and Lifestyle Blibli, mengungkapkan terdapat tiga value yang diusung dalam kampanye 'Dihitung-hitung Pasti Untung'.

Bliblimart juga menghadirkan fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

"Dihitung-hitung pasti untung tagline kita untuk tahun ini, memang yg kita lihat value yang bisa kita ukur bukan hanya dari promo aja (value of money), tapi lebih apa yang bisa kita dapatkan di luar itu yaitu value of time dan quality product," ujarnya.

Misalnya saja ada fitur subscription atau berlangganan, di mana pembeli dapat mengaktifkan fitur langganan di produk tertentu yang sudah rutin dibeli dan mendapatkan keuntungan berupa potongan harga.

Kemudian ada fitur reward point, yang nantinya dapat ditukarkan pada platform lain yang memang sudah bekerjasama dengan marketplace ini.

Pada value of time, terdapat fitur click and collect yang dapat memudahkan konsumen untuk berbelanja di supermarket tanpa perlu antre.

Dengan menggunakan fitur ini, pembeli bisa memilih produk yang diinginkan dan mengambilnya sendiri di supermarket yang menjadi mitra Blibli.

"Fitur ini cukup populer. Saat ini, dari total konsumen Bliblimart, sekitar 4% sudah menggunakan click and collect," kata Fransisca.

Selain hemat waktu, fitur tersebut juga mempermudah konsumen mendapatkan produk dengan kualitas baik.

Pasalnya, bila saat pembelian kualitas tidak sesuai, dapat ditukar tanpa perlu mengantre lagi.

Ada juga penawaran 2 jam sampai untuk memastikan barang-barang yang membutuhkan pengiriman cepat seperti produk fresh, produk frozen, atau telur, bisa segera sampai ke tangan pembeli. (*)

Baca Juga: Benarkah Kehujanan Bisa Menyebabkan Masuk Angin? Begini Faktanya