Find Us On Social Media :

Daging yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Urat: Panduan Nutrisi Sehat

Daging yang boleh dikonsumsi penderita asam urat

GridHEALTH.id - Asam urat adalah kondisi medis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kadar asam urat adalah pola makan.

Penderita asam urat sering diharapkan untuk menghindari konsumsi daging karena daging tinggi purin dapat meningkatkan produksi asam urat. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua daging memiliki kandungan purin yang tinggi.

Artikel ini akan memberikan panduan mengenai daging yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat dengan memperhatikan aspek nutrisi yang sehat.

1. Daging Tanpa Lemak

Dalam memilih jenis daging untuk dikonsumsi, penderita asam urat disarankan untuk memilih daging yang rendah lemak.  Lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

Pilihlah potongan daging tanpa kulit, serta buang lemak yang terlihat sebelum memasaknya. Beberapa contoh daging yang rendah lemak termasuk ayam tanpa kulit, ikan, dan daging sapi tanpa lemak.

2. Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik untuk penderita asam urat. Ikan seperti salmon, sarden, tuna, dan ikan trout mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada penderita asam urat.

Selain itu, ikan juga rendah purin, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Disarankan untuk memasak ikan dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus untuk menjaga kelembutan dan nutrisi yang ada.

Baca Juga: Membuat Obat Asam Urat dari Sidaguri: Khasiat dan Langkah-Langkah Pembuatannya