Find Us On Social Media :

Sulit Kentut Sehingga Perut Tidak Enak? Lakukan Pemijatan di Titik Ini

Akupresur bisa membantu mengatasi kesulitan buang angin.

GridHEALTH.id - Buang angin atau yang dikenal dengan kentut, adalah hal yang normal dilakukan semua orang.

Saat kentut, terkadang mengeluarkan bunyi dan juga aroma yang kurang sedap. Dua hal tersebut terkadang membuat seseorang malu.

Namun, tidak kentut sama sekali pun juga bukan hal yang baik dan menyebabkan ketidaknyamanan, terutama di perut.

"Buang angin adalah proses fisiologis normal, yang terjadi ketika bakteri di usus besar memetabolisme hal-hal dalam makanan kita yang tidak dapat kita metabolisme. Jika kita tidak mengeluarkan gas, kita akan merasa penuh," kata Dr. Eamonn Quigley, ahli gastroenterologi, dikutip dri Huston Methodist.

Bagaimana Agar Bisa Kentut dan Perut Kembali Nyaman?

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa segera buang angin. Misalnya saja mengonsumsi air hangat atau teh dari bahan herbal seperti peppermint, jahe, dan chamomile.

Selain itu, bisa juga diatasi dengan metode pijat atau yang dalam pengobatan tradisional China (TCM), dikenal sebagai akupresur.

Berikut ini adalah beberapa titik pijat agar kentut yang tidak hanya ada di perut, tapi juga bagian tubuh lain seperti kaki.

1. Titik CV6

Dilansir dari Healthline, Qiahai atau CV6 berada di meridian pembuluh konsepsi dan memengaruhi organ perut bagian bawah, serta energi secara keseluruhan.

Jika bingung, posisi pasti dari titik pijat ini kira-kira 1 setengah inci di bawah pusar.

Letakkan dua hingga tiga jari pada titik pijat, tekan dengan lembut dan gerakan jari memutar. 

Pastikan untuk tidak menekan terlalu kuat karena ini merupakan area sensitif. Pijatan cukup dilakukan selama 2-3 menit saja.

Baca Juga: Tekan 4 Titik Pijat Sulit BAB Berikut, Cara Cepat Atasi Sembelit