Find Us On Social Media :

Manfaat Kesehatan Daun Perilla, Keajaiban Alam yang Jarang Diketahui

Manfaat daun perilla untuk jantung hingga otak.

GridHEALTH.id - Daun perilla, atau Perilla frutescens, adalah tanaman herbal yang berasal dari Asia Timur.

Daunnya yang berwarna hijau gelap dengan tekstur berkeriput dan rasa yang khas telah digunakan dalam pengobatan tradisional di negara-negara seperti Korea, Jepang, Tiongkok, dan India selama ribuan tahun.

Meskipun telah lama dikenal karena manfaat kesehatannya, popularitas daun perilla telah meredup seiring waktu.

Namun, penelitian baru-baru ini kembali menyoroti potensi luar biasa tanaman ini dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Khasiat untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan daun perilla yang kini tengah dikaji secara intensif.

1. Sumber Antioksidan yang Kuat

Daun perilla mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan asam fenolat yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada perkembangan berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Mengonsumsi daun perilla atau ekstraknya secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan oksidasi.

2. Efek anti-inflamasi

Kandungan fitokimia tertentu dalam daun perilla memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Ini bermanfaat dalam meredakan peradangan di tubuh, termasuk kondisi seperti arthritis, alergi, dan penyakit peradangan usus.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun perilla dapat membantu mengurangi gejala asma, yang merupakan kondisi peradangan pada saluran pernapasan.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Daun Jati Belanda, Kolesterol Tinggi Langsung Turun