Find Us On Social Media :

Bahaya Mencabut Bulu Hidung Ternyata Gak Main-main, Hati-hati Bisa Sebabkan Infeksi hingga Pendarahan!

Bahaya mencabut bulu hidung, salah satunya infeksi

GridHEALTH.idMencabut bulu hidung mungkin merupakan kegiatan kecantikan yang umum dilakukan oleh beberapa orang untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan.

Namun, perlu diketahui bahwa kegiatan ini tidak selalu aman dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Wah, apa saja ya bahayanya? Berikut ini penjelasannya.

Bahaya mencabut bulu hidung

Inilah beberapa bahaya dari mencabut bulu hidung secara langsung yang perlu diwaspadai.

1. Infeksi

Proses mencabut bulu hidung dapat merusak folikel rambut dan membuka pintu masuk bagi bakteri dan kuman untuk masuk ke dalam kulit.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi seperti folikulitis, yaitu peradangan folikel rambut yang dapat menyebabkan rasa nyeri, kemerahan, dan pembengkakan.

2. Peradangan

Mencabut bulu hidung bisa menyebabkan peradangan pada area sekitarnya. Peradangan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang berkepanjangan.

3. Pendarahan

Ketika mencabut bulu hidung, ada risiko tergoresnya permukaan kulit dan menyebabkan pendarahan. Jika tidak diobati dengan benar, pendarahan ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

4. Risiko menyumbat saluran hidung

Bulu hidung memiliki fungsi penting dalam menjaga saluran hidung tetap bersih dan melindungi tubuh dari kotoran dan partikel berbahaya.

Jika Anda mencabut bulu hidung secara berlebihan, Anda bisa meningkatkan risiko sumbatan saluran hidung dan masalah pernapasan.

Alternatif yang aman

Meskipun mencabut bulu hidung memiliki risiko, ada beberapa alternatif yang lebih aman untuk mengatasi masalah bulu hidung yang tidak diinginkan:

1. Gunting

Baca Juga: 9 Kebiasaan Sehari-hari yang Sudah Saatnya Ditinggalkan, Ganggu Kesehatan dan Mengundang Penyakit Kanker juga Radang Otak