Find Us On Social Media :

Apa Itu Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) dan Cara Menghindari Crib Death

Cegah SIDS terjadi pada bayi.

GridHEALTH.id - Saat Anda mendengar tentang bayi sehat yang tiba-tiba meninggal saat tidur di ranjangnya, ini mungkin merupakan kasus Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi.

SIDS sering terjadi saat bayi tidur, sehingga disebut juga sebagai crib death.

Meskipun penyebab pasti SIDS belum sepenuhnya dipahami, ada beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui.

Perkembangan Terbaru Kasus SIDS

SIDS, atau sindrom kematian bayi mendadak, meningkat 15% dalam satu tahun, dari 33,3 kematian per 100.000 bayi yang lahir pada 2019 menjadi 38,2 kematian serupa pada 2020, menurut penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention dalam jurnal medis Pediatrics.

Data dari Medical News Today menyebutkan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sekitar 1.250 bayi meninggal karena SIDS di Amerika Serikat pada tahun 2019.

Ini berarti sekitar 33 dari 100.000 kelahiran hidup.

Melihat data global terkait SIDS, terdapat kecenderungan menurun dalam jumlah kasus SIDS di berbagai negara selama beberapa tahun terakhir.

Kebijakan pencegahan dan edukasi kepada orangtua serta pengasuh, serta penelitian yang lebih mendalam, diyakini telah memberikan dampak positif dalam mengurangi angka kejadian SIDS di seluruh dunia.

Faktor Lingkungan Tidur dan Risiko SIDS

Meskipun penyebab pasti SIDS belum sepenuhnya dipahami, beberapa faktor risiko telah diidentifikasi. Tidur dalam posisi tengkurap adalah salah satu faktor yang berhubungan dengan SIDS.

Posisi ini dapat menyebabkan tekanan pada rahang bayi, yang mempersempit saluran napas.

Selain itu, sirkulasi udara yang tidak optimal dan kadar serotonin rendah juga merupakan faktor yang dapat memengaruhi terjadinya SIDS.

Baca Juga: Berakibat Fatal Bagi Ibu dan Bayi, Bagaimana Cara Atasi Depresi Postpartum?