Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Gizi Buruk, Ini Penyebab Utama Stunting yang Jarang Diketahui

Penyebab stunting dialami oleh anak, berkaitan dengan banyak hal.

GridHEALTH.id - Penyebab stunting yang umumnya diketahui adalah kekurangan gizi yang berlangsung dalam jangka waktu panjang.

Hal tersebut benar, karena anak yang mengalami gizi buruk maka kebutuhan nutrisi esensial untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya tidak terpenuhi.

Alhasil, anak pun mengalami stunting yang mengakibatkan gagal tumbuh dan ditandai dengan tinggi badan yang berada di angka -2 standar deviasi.

Selain itu, kemampuan kognitif anak juga terganggu, mengakibatkan sulit mengikuti pelajaran dan berprestasi di sekolah.

Namun selain gizi buruk, ternyata ada beberapa faktor lain yang merupakan penyebab stunting, tapi masih cukup jarang diketahui.

Faktor Penyebab Stunting pada Anak

Faktor-faktor berikut tanpa disadari juga berkontribusi dalam peningkatan risiko stunting pada anak-anak.

1. Tidak menjalani perawatan pasca persalinan

Melansir situs RSUD Blora, perawatan pasca melahirkan yang kurang tepat atau tidak dilakukan sama sekali oleh ibu dan anak, ternyata dapat memengaruhi risiko stunting.

Bagi para ibu, disarankan untuk langsung memberikan asupan air susu ibu (ASI) kepada anak untuk memperkuat imunitasnya.

Perawatan pasca persalinan juga penting untuk mendeteksi apabila terjadi gangguan kesehatan yang terjadi pada ibu maupun anak.

2. Pola asuh

Menurut Kementerian Kesehatan, aspek perilaku terutama yang berkaitan dengan pola asuh anak, memiliki hubungan dengan kondisi ini.

Hal ini dapat dimulai melakukan edukasi terkait kesehatan reproduksi dan gizi bagi para remaja perempuan, yang saat dewasa nanti akan menjadi orangtua.

Baca Juga: Mencegah Stunting dengan Rajin Konsumsi Telur, Ini Porsi yang Tepat