Find Us On Social Media :

Hati-hati ISPA Menular, Ini 3 Penularannya yang Patut Diwaspadai

Ada banyak cara penularan ISPA

GridHEALTH.idInfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis penyakit yang memengaruhi saluran pernapasan, seperti pilek, batuk, flu, bronkitis, dan pneumonia.

Salah satu pertanyaan umum yang sering diajukan adalah apakah ISPA dapat menular dari satu individu ke individu lainnya.

Agar kesehatan tetap terjaga, berikut ini penjelasan mengenai penularan ISPA dan langkah-langkah pencegahan yang bisa diambil.

Penularan ISPA

Mayoritas jenis ISPA dapat menular dari individu yang terinfeksi kepada individu lain.

Penularan ISPA bisa melalui berbagai cara, terutama melalui droplet (percikan) pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara.

Beberapa penyebab ISPA yang umumnya menular meliputi:

1. Virus

Virus seperti rhinovirus (penyebab pilek), virus influenza (flu), dan virus lain yang menyebabkan ISPA dapat dengan mudah menular melalui percikan pernapasan.

2. Bakteri

Bakteri penyebab ISPA seperti Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae dapat menular melalui kontak langsung dengan sekresi pernapasan dari individu yang terinfeksi.

3. Kontak dengan benda tercemar

Penularan juga dapat terjadi melalui sentuhan dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh percikan pernapasan atau cairan tubuh dari individu yang terinfeksi.

Cara mencegah penularan ISPA

Untuk mencegah penularan ISPA, terutama dalam situasi wabah atau musim penyakit tertentu, langkah-langkah pencegahan berikut dapat diambil:

1. Cuci tangan

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.

Baca Juga: Sama-sama Menyerang Saluran Napas, Ini Perbedaan ISPA dan Influenza