Find Us On Social Media :

Mengatasi Cegukan dengan Titik Pijat, Ketahui Teknik-teknik yang Efektif

Titik pijat untuk mengatasi cegukan.

GridHEALTH.id - Cegukan bisa menjadi sangat mengganggu dan seringkali muncul tanpa ada peringatan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada cara alami untuk meredakannya? Salah satu cara yang terbukti efektif adalah dengan merangsang titik pijat tertentu pada tubuh.

Berikut berbagai titik pijat yang bisa membantu mengatasi cegukan secara alami.

Titik Pijat untuk Mengatasi Cegukan

1. Titik Pijat Diaphragma

Diaphragma adalah otot penting yang berperan dalam proses pernapasan. Merangsang titik pijat pada area diaphragma bisa membantu merelaksasi otot ini dan menghentikan cegukan.

Titik pijat diaphragma berada di antara tulang rusuk dan perut. Caranya, letakkan jari-jari Anda di antara tulang rusuk terluar dan tekan perlahan di area ini. Pijatan lembut selama beberapa detik dapat membantu meredakan cegukan.

2. Titik Pijat Leher

Leher adalah bagian tubuh yang sarat dengan titik pijat penting. Salah satu titik pijat yang dapat membantu menghentikan cegukan terletak di dasar tengkuk.

Cari titik yang terasa sedikit lebih keras di bagian ini dan pijat dengan lembut menggunakan ujung jari Anda.

Pijatan ringan di titik ini bisa membantu merangsang sistem saraf dan mengurangi cegukan.

3. Titik Pijat Bahu

Titik pijat yang berhubungan dengan meredakan cegukan juga terdapat pada bahu. Ada dua titik penting di area ini, yaitu di antara bahu dan leher.

Pijat dengan lembut atau tekan titik-titik ini untuk merangsang aliran energi dalam tubuh dan membantu mengatasi cegukan.

4. Titik Pijat Tangan

Ternyata, tangan juga memiliki titik pijat yang bisa membantu menghentikan cegukan. Titik pijat ini terletak di bagian dalam pergelangan tangan, di antara tulang yang lebih kecil.

Baca Juga: Mendadak Alami Sesak Napas? Jangan Panik, Segera Pijat 3 Titik Ini