Find Us On Social Media :

Mudah Ditemukan di Tukang Sayur, 6 Sayuran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

Sayuran untuk menurunkan kolesterol tinggi.

GridHEALTH.id - Mengontrol kadar kolesterol dapat dilakukan dari makanan yang sehari-hari dikonsumsi.

Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang secara alami diproduksi di dalam tubuh, yakni oleh hati.

Dalam jumlah yang ideal, keberadaan kolesterol baik untuk kesehatan, karena fungsinya untuk memproduksi vitamin D dan berbagai jenis hormon.

Namun yang jadi masalah, jika jumlahnya dalam darah berlebihan. Ini bisa menjadi pemicu berbagai macam penyakit yang bisa berakibat fatal.

Sayuran Penyembuh Kolesterol

Meski begitu jangan khawatir, karena beberapa jenis sayuran berikut ini terkenal mempunyai manfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

1. Brokoli

Dilansir dari HealthShots, brokoli memiliki kandungan serat larut yang tinggi, menjadikannya makanan terbaik untuk kolesterol tinggi.

Sayuran ini juga kaya akan nutrisi dan senyawa kaya sulfur yang disebut Sulfuraphane, yang juga membantu mengurangi kadar trigliserida.

Di saluran pencernaan, serat dari brokoli akan berikatan dengan asam empedu, sehingga memudahkan tubuh mengeluarkan kolesterol.

Makan sayuran kaya serat juga aakn membantu mengurangi makan berlebihan dan akhirnya mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh.

2. Kale

Kalium, serat, folat, dan kalsium merupakan beberapa komponen yang banyak ditemukan dalam kale. Dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL), itu dapat meminimalisir risiko penyakit jantung.

Selain mengandung banyak vitamin, kale juga banyak mengandung lutein. Lutein diketahui menurunkan kadar kolesterol darah dengan mencegah penumpukannya di dalam tubuh.

Baca Juga: Pakai Minyak Goreng Bekas Disaring Lebih dari Sekali, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan