Find Us On Social Media :

Malah Bisa Membahayakan, Inilah Kebiasaan Penganut Vegetarian yang Sering Dilakukan

Sejumlah zat gizi penting terlupakan, sehingga kekurangan nutrisi.

GridHEALTH.id - Vegetarian adalah pola makan yang sama sekali tidak mengonsumsi daging ataupun produk hewani lainnya.

Umumnya, mereka mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Penelitian menunjukkan, pola makan ini baik untuk kesehatan karena rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Selain serat, dari makanan yang dikonsumsi juga bisa mendapatkan banyak vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan sehat lainnya.

Kendati demikian, bagi sejumlah penganut vegetarian yang menerapkannya dengan tidak benar, pola makan yang menyehatkan malah bisa memberikan efek negatif.

Kesalahan Penganut Vegetarian

Bertepatan pada Hari Vegetarian yang diperingati pada 1 Oktober kemarin, berikut adalah beberapa kekeliruan yang sering terjadi dan seharusnya dihindari agar tetap sehat serta bugar.

1. Kekurangan nutrisi penting

Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan oleh penganut vegetarian adalah kurangnya asupan nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, zat besi, kalsium, dan omega-3.

Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti anemia, kelemahan otot, dan masalah saraf.

Penganut vegetarian perlu memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi ini melalui makanan nabati atau suplemen jika diperlukan.

2. Terlalu banyak makanan olahan

Meskipun diet vegetarian mengutamakan makanan berbasis tumbuhan, mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh bisa merusak kesehatan.

Makanan olahan jarang mengandung nutrisi esensial, dan konsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung.

Baca Juga: Apa Bedanya Vitamin dan Multivitamin serta Apa Kegunaan Multivitamin?