Find Us On Social Media :

Konferensi COP28, Pentingnya Keseriusan Menghubungkan Perubahan Iklim dan Kesehatan

COP28 dipandang perlu untuk membahas perubahan iklim dan kesehatan.

GridHEALTH.id - COP28 adalah pertemuan tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang membahas isu-isu terkait iklim, dan tahun ini merupakan pertemuan ke-28.

Pada acara tersebut, pemimpin-pemimpin dunia akan berdiskusi tentang strategi mempersiapkan diri menghadapi perubahan iklim di masa mendatang.

Konferensi ini akan diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), mulai tanggal 30 November hingga 12 Desember 2023.

"COP" merujuk pada "Conference of the Parties" (Konferensi Para Pihak), yang terdiri dari negara-negara yang telah menandatangani perjanjian iklim PBB pada tahun 1992.

Berkenaan dengan COP28, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengusulkan pembahasan serius mengenai dampak perubahan iklim terhadap kesehatan.

Sebab, sangat penting untuk memberikan perhatian penuh pada kesehatan manusia dalam diskusi COP28 dan menyadarkan para pengambil keputusan bahwa mereka bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat seluruh dunia.

"Prioritaskan kesehatan bukan hanya pilihan; itu adalah dasar masyarakat yang tangguh," kata Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

Dampak Perubahan Iklim pada Kesehatan

Peristiwa cuaca ekstrem di seluruh dunia dalam beberapa bulan terakhir memberikan gambaran mengerikan tentang apa yang akan terjadi di dunia yang cepat memanas.

Laporan IPCC mengatakan sekitar 3,5 miliar orang - hampir setengah dari umat manusia - tinggal di daerah yang sangat rentan terhadap perubahan iklim.

Kematian akibat panas pada mereka yang berusia di atas 65 tahun telah meningkat 70% di seluruh dunia dalam dua dekade, menurut catatan WHO.

Baca Juga: Perubahan Iklim di Indonesia 2023 Diprediksi Ekstrim, Ada Risiko Kesehatan Manusia yang Terancam